SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Karpet Bintang Berwarna Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Anak PAUD ABA 24 Malang Kota Malang

AJIE ANGGA KUSUMA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Ajie Angga Kusuma. 2012. Pengembangan Media Karpet Bintang Berwarna Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Anak PAUD ABA 24 Malang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Saichudin M. Kes., (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Karpet Bintang Berwarna, Kecerdasan Visual    Spasial

 

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan  di PAUD ABA 24 Malang dalam hal mengembangkan kecerdasan jamak atau salah satu kecerdasan jarang dilakukan, karena pendidik hanya terfokus pada program semester untuk segera dilakukan. Kegiatan pembelajaran di PAUD ABA 24 Malang menjadi kurang menarik dan inovatif, oleh karena itu peneliti merancang sebuah produk yang diberi nama “media karpet bintang berwarna” untuk melatih kecerdasan visual spasial.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media karpet bintang berwarna yang diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam pengadaan media pembelajaran untuk melatih kecerdasan jamak khususnya kecerdasan visual spasial di PAUD ABA 24 Malang

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall. Pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 7 langkah penelitian dan dilaksanakan di 1 sekolah saja dengan subjek penelitian 22 anak.  Langkah penelitian dimulai dari pengumpulan data, rancangan produk, revisi ahli dengan 1 ahli media pembelajaran, dan 1 ahli kecerdasan, revisi berdasarkan ahli, uji coba kelompok kecil dilakukan pada 6 subjek penelitian, revisi dilakukan berdasarkan hambatan di lapangan, dan uji kelompok besar dilakukan terhadap 22 anak dan revisi akhir.

Pengembangan Media karpet bintang berwarna untuk melatih kecerdasan visual spasial ini dinyatakan valid. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan statistik dari data ahli media mendapatkan 88,46%, dari ahli kecerdasan mendapatkan 90,9%, dari hasil uji coba kelompok kecil berdasarkan kemenarikan mendapatkan 100%, kemudahan 94,44%, efektifitas 88,88%, bidang pengembangan 93,22%. Untuk hasil uji coba kelompok besar berdasarkan kemenarikan 90,9%, kemudahan 87,87%, efektifitas 85,6%, bidang pengembangan 83,8%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut media karpet bintang berwarna untuk melatih kecerdasan visual spasial anak ini menarik, mudah dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di PAUD.

Saran-saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini ditujukan kepada guru ketika melakukan pendampingan pada anak saat menggunakan media karpet bintang berwarna dan kepada peneliti lebih lanjut untuk media karpet bintang berwarna dibuat lebih variatif sehingga tidak hanya fokus pada 1 kecerdasan visual spasial.