SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar matematika Melalui model Problem Solving untuk Menumbuhkan Kejujuran Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar

nury fataya

Abstrak


ABSTRAK

 

Fataya, Nury. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Solving untuk Menumbuhkan Kejujuran Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar. Skripsi, Jurusan KSDP S1 PGSD, Universitas Negeri Malang. Pembimbing  (I) Dr. H.M. Zainuddin, M.Pd, (II) Dra. Hj. Wasih D.S., M.Pd.

 

Kata kunci: model pembelajaran problem solving, matematika, hasil belajar, karakter kreatif

Pembelajaran Matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak, oleh karena itu diperlukan strategi supaya siswa dapat belajar dengan senang dan dapat memahaminya. Hasil belajar matematika siswa di kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Blitar menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa kelas IV mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan yaitu 65 dan siswa pasif terhadap pembelaja-ran disebabkan guru sering menggunakan model pembelajaran ceramah yang tidak dapat membangkitkan aktivitas siswa dalam belajar. Untuk memperbaiki keadaan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembe-lajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Solving pada siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Kabupaten Blitar, (2) peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Solving siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Kabupaten Blitar, dan (3) pengembangan karakter kejujuran dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Problem Solving siswa Kelas IV SDN Karangrejo 01 Garum Kabupaten Blitar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif, yai-tu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas IV sebagai observer.

Hasil penelitian yang dilakukan yaitu hasil belajar siswa pada siklus I per-temuan I mencapai persentase sebesar 61,22%, pada pertemuan II mencapai per-sentase sebesar 75,11%, pada siklus II pertemuan I mencapai persentase sebesar 75,56%, pada pertemuan II mencapai persentase sebesar 83,22 %. Karakter kejujuran siswa pada siklus I pertemuan I mencapai persentase sebesar 36,89%, pada pertemuan II mencapai persentase sebesar 70,56%, pada siklus II pertemuan I mencapai persentase sebesar 70,56%, pada pertemuan II mendapat mencapai sebesar 96,33%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan karakter kejujuran siswa kelas IV SDN Karangrejo 01 Kabupaten Blitar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkat.

Berdasarkan simpulan tersebut, yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, yaitu (1) Dalam pembelajaran, sebaiknya guru memilih model pembelajaran sebagai salah satu pertimbangan untuk membe-lajarkan dan memotivasi siswa, dan (2) Dalam pembelajaran matematika, hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan karakter untuk menumbuhkan budaya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

 

ABSTRACT

 

Fataya, Nury. 2012. Improving Mathematic Report By Using Learning Problem Solving Model To Grow Awareness Of Honesty Of Student In Fourth Grade  SDN Karangrejo 01 garum Distric of Blitar. Thesis,  KSDP Departement  S1 PGSD, State University of Malang. Guideance Councelors: ( 1) Dr. H.M. Zainuddin, M.Pd, (II) Dra. Hj. Wasih D.S., M.Pd

 

Key word: leraning Problem Solving Model. Mathemathic, Result of study, creative character

Mathematic is abstract science  therefore it need strategy to make the student can enjoy in learning  and easy to understand . The result of study mathematic in fourth grade  of SDN Karangrejo 01 Garum district of Blitar shown that more than 50 %  students in fourth grade they are 65 students who got grade mark under the definite passing grade (KKM) and passive during the lesson, it caused the teacher often give the lesson using lecturing learning model which is it can not stimulate to raise the student’s activity. Therefore to fix the problems need to perform Class Action Research (PTK).

The purpose of the study is to describe (1) Implementation  learning mathematic by using learning problem solving model in fourth grade of SDN Karangrejo 01  Garum district of Blitar. (2) Improving the result of student’s study in mathematic  by using  learning problem solving model in fourth grade of SDN Karangrejo 01  Garum district of Blitar. (3) Developing  the honesty  character  in mathematic by using learning prolem solving  in fourth grade of SDN Karangrejo 01  Garum district of Blitar.

The study is applied descriptive qualitative method and the design of study is Class Action Research (PTK). Model of the study is collaborative that is the researcher act as implementer and observer in teaching lesson helped by teacher‘s class at fifth grade as observer.

The result of the study is informs that the result of student’s  study at cycle I,  first meeting reached 61,22 % , in second meeting reached 75,11 % , in the cycle II first meeting reached 75, 56 % in second meeting reached 83, 22%. The honesty character of student in cycle I , first meeting  reached 36, 86% and in Second meeting reached 70,56 %. In cycle II , first meeting reached 70, 56 % and in second meeting reached 96,33 %.

Based on the result of study can be concluded that by using learning problem solving can increase the result of study student’s report and honesty character in fourth grade SDN Karangrejo 01 Blitar

Based on the conclusion, that need to be concerned in learning process in mathematic class, they are (1) In learning process, it is better that teacher consider to choose one of the model of  learning  model  to teach and motivate  student. (2) In learning mathematic, it is supposed that teacher using learning model that can develop the character to grow the awareness of honesty culture in daily life.