SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Buku Teks BSE Karangan I.S. Sadiman dan Shendy Amalia Mata Pelajaran IPS Kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Muhammad Mushfi El Iq Bali

Abstrak


ABSTRAK

 

Bali, Muhammad Mushfi El Iq. 2012. Analisis Buku BSE Karangan I.S. Sadiman dan Shendy Amalia Mata Pelajaran IPS Kelas 4 SD di Gugus VI Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Ruminiati, M.Si, (II) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: analisis buku teks BSE, Sadiman, Gugus VI Kec. Kedungkandang

 

Buku teks merupakan salah satu bahan ajar sebagai sumber pembelajaran yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, bahkan dianggap sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan siswa. Namun, para pengguna buku teks dibingungkan dalam menentukan buku yang sesuai, yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena seringkali dijumpai beberapa konsep dalam buku teks yang satu berbeda dengan buku teks yang lain dan tidak sesuai dengan kurikulum. Berdasarkan hasil penyebaran angket di sembilan sekolah dasar se-Gugus VI Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, diketahui buku pelajaran IPS kelas IV yang paling banyak digunakan, yaitu buku BSE karangan I.S. Sadiman dan Shendy A. dengan persentase 53%.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis buku teks BSE mata pelajaran IPS kelas IV yang mencakup kesesuaian materi dalam buku teks dengan KTSP 2006. Kesesuaian pendekatan penulisan dalam buku teks dengan pendekatan dalam KTSP 2006. Selanjutnya kesesuaian evaluasi yang ada dalam buku teks dengan evaluasi menurut Taxonomy Bloom dalam KTSP 2006.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis dokumen atau analisis isi. Objek dalam penelitian ini adalah semua materi pada buku teks IPS SD kelas IV karangan I.S. Sadiman dan Shendy A. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik multistage sampling (penarikan sampel beberapa tahap). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman analisis.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) kesesuaian urutan materi dengan kurikulum tergolong cukup sesuai, karena dari 67 materi dalam buku tersebut, terdapat 39 materi yang sesuai atau sebesar 58,2%; (2) kesesuaian lingkup materi dengan kurikulum tergolong cukup sesuai, karena terdapat 47 materi yang sesuai atau sebesar 70,1%; (3) pendekatan yang digunakan dalam buku tergolong cukup sesuai dengan pendekatan konstruktivistik, yaitu sebanyak 41 materi atau sebesar 61,1%; (4)asi dalam buku tergolong kurang sesuai dengan evaluasi menurut Taxonomy Bloom dalam KTSP 2006, karena soal-soal evaluasi dalam buku tersebut didominasi oleh aspek kognitif. Dari 55 kategori, terdapat 32 kategori atau 58,2% mencakup aspek kognitif, 16 kategori atau 29,1% mencakup aspek afektif, dan 7 kategori atau 12,7% mencakup aspek psikomotor.