SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS 3 SDN SUKO KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO

M. S. JOKO PRIHANGGARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Prihanggara, M. S. Joko. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Siswa Kelasa III SDN Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, Skripsi,  Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang. Pembimbing I. Dr. Muhana Giapayana, M. Pd, Pembimbing II. Dra. Purwendarti M. Pd.

 

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity  (DRTA), Hasil Belajar

 

Hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, ditemukan bahwa proses pembelajarannya masih didominasi oleh guru, tidak ditemukannya siswa membangun sendiri pengetahuannya. Pada proses pembelajaran siswa cenderung ramai sendiri, tidak adanya tanggung jawab untuk menyelesaikan soal yang diberikan guru. Kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh siswa masih belum maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran peningkatan kemampuan membaca pemahaman untuk siswa kelas III SDN Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity untuk siswa kelas III SDN Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan pembelajaran dengan strategi DRTA ini mengaktifkan siswa karena siswa dapat membangun pengetahuannya, siswa harus dapat membuat prediksi dari judul ataupun gambar, serta membuat prediksi dari isi paragraf selanjutnya dan pada akhirnya kemampuan membaca pemahaman siswa akan meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity meningkat. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity meningkat 45%. Sedangkan pada siklus ke dua menjadi 86% meningkat 41%. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa lebih bervariatif dan diharapkan strategi Directed Reading Thinking Activity ini dapat diterapkan untuk mata pelajaran lainnya.

Penerapan pada model Directed Reading Thinking Activity dalam pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar cerita singkat atau pendek dalam bentuk dongeng.

Model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pokok bahasan membaca cerita, dan penerapan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatakan hasil belajar  pada siswa kelas III SDN Suko kecamatan maron kabupaten probolinggo.

Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah, (1) memanfaatkan penelitian ini sebagai salah satu metode pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (2) pada pelaksanaan pembelajaran membaca sebaiknya guru memperhatikan proses pembelajaran, penggunaan media dan persiapan pelaksanaan pembelajaran, (3) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat digunakan sebagai langkah awal untuk melakukan penelitian lebih lanjut.