SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Interaksi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang

INYONG LALANG WULAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulan, Inyong Lalang. 2012. Peningkatan Interaksi Dan Hasil Belajar IPS Melalui  Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Toha Mashudi, S,Pd, M.Pd, (2) Dra. Sri Sugiharti, M.Pd

 

Kata kunci  : interaksi, hasil belajar, tutor sebaya, IPS, SD.

 

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 18 Februari 2012 di kelas IV SDN Ngasem 04 pada mata pelajaran IPS materi Aktivitas dan Potensi Ekonomi di dapatkan fakta bahwa (1) saat guru menjelaskan keadaan siswa berbicara sendiri dengan temannya, (2) pembelajaran masih didominasi oleh guru (teacher center), (3) guru memberikan tugas mengerjakan LKS secara individu sehingga interaksi siswa dalam kelompok tidak ada. Sementara itu hasil ulangan harian yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan SDN Ngasem 04 yaitu 70. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) peningkatan pembelajaran IPS KD “Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya” di kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang melalui tutor sebaya, (2) peningkatan interaksi belajar IPS KD “Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya” di kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang melalui tutor sebay, (3) peningkatan hasil belajar IPS KD “Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi Serta Pengalaman Menggunakannya” di kelas IV SDN Ngasem 04 Kabupaten Malang melalui tutor sebaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan tutor dilaksanakan dengan baik, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran semakin meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I 81,65% menjadi 96,65% pada siklus II, (2) interaksi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan rata-rata mencapai 69,01%, sedangkan siklus II 73,18%, (3) hasil belajar meningkat siklus I didapatkan rata-rata mencapai nilai 72,29, pada siklus II 83,54.

Pembahasan meliputi : (1) Pembelajaran IPS melalui tutor sebaya, (2) Interaksi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui tutor sebaya, (3) Hasil Belajar IPS melalui tutor sebaya. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) tutor sebaya menjadikan siswa berperan aktif  dalam menyelesaikan suatu tugas, (2) tutor sebaya dapat meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran IPS, (3) tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan kesimpulan maka diperoleh beberapa saran: (1) Hendaknya guru atau peneliti lain dapat mengembangkan tutor sebaya pada materi lainnya, (2) guru atau peneliti lain hendaknya menggunakan media sebagai penunjang interaksi siswa, (3) guru melakukan refleksi dan tindakan perbaikan hasil belajar pada setiap pertemuan.