SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI BANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS III SDN POJOK KLITIH I PLANDAAN - KABUPATEN JOMBANG

SHINTA MARDIANSARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiansari, Shinta. 2012. Peningkatan Kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan bantuan media gambar berseri siswa kelas III SDN Pojokklitih I Plandaan- Kabupaten Jombang. Skripsi, Program S1 PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H.M Thoha A.R, S.Pd, M.Pd (2) Drs. H. Achmad Badawi, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Media Gambar seri, Karangan Narasi, Bahasa Indonesia

 

Pendidikan adalah satu permasalahan yang fundamental, dimana pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, dalam pendidikan terdapat ilmu pengetahuan yang sarat akan informasi dan dapat kita manfaatkan untuk saling berinterkasi dengan orang lain.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bertindak sebagai pengajar lengsung sedangkan guru kelas sebagai pengamat Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis karangan dengan media gambar berseri untuk mengajarkan kepada siswa SDN Pojok Klitih kelas III cara menulis karangan narasi  dengan bantuan media gambar berseri, (2)Mendeskripsikan peningkatan ketrampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan bantuan media gambar berseri  yakni dari (a) segi isi karangan (b) bentuk karangan (c) gaya dan (d) ejaan dan tanda baca dengan bantuan media gambar berseri siswa kelas III SDN Pojok Klitih – Plandaan

Penelitian dilaksanakan di SDN Pojoklitih 1 Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, dengan obyek penelitian yang berjumlah 13 siswa. Diketahui siswa yang belum tuntas dalam belajar meningkat dari pretes sampai pada tiap-tiap siklus, hasil pretes sebelumnya berjumlah 9 siswa (2%) menjadi 7 siswa atau 53,6% pada siklus I. Selanjutnya dari tindakan siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan penguasaan rata-rata 62,4% menjadi 71,5%. Diketahui pula siswa yang belum tuntas dalam belajar menurun dari siklus I berjumlah 7 siswa 53,6%  menjadi 2 siswa atau 15, 3% pada siklus II. Atau dalam kata lain menguasaan mereka meningkat dari siklus I ke siklus II yakni 6 siswa atau 46,1 % menjadi 11 siswa atau 84,6%.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi.

Saran kepada guru, hendaknya dalam mengajar tidak sekadar mengajarkan buku dan menggunakan media pembelajaran yang monoton.