SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang

Vivi Arum Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Vivi Arum. 2012. Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Moh. Shochib, M. Pd (2) Dra. Hj. Sukamti, M. Pd.

 

Kata Kunci: IPA, Pembelajaran, Model Jigsaw

 

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang saat pembelajaran IPA berlangsung didapatkan fakta bahwa minat siswa saat pembelajaran kurang aktif dan terlihat pasif karena guru masih sebagai sumber utama belajar, siswa merasa jenuh sehingga perolehan hasil belajar siswa saat guru memberikan tes hasilnya belum mencapai standar sesuai dengan KKM yaitu 68. Berdasarkan hasil wawancara guru belum pernah membuat kelompok belajar dan melakukan kegiatan percobaan, oleh karena itu peneliti ingin mengatasi masalah tersebut dengan melakukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan model Jigsaw.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model Jigsaw pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang, (2)  mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang melalui model Jigsaw, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang dengan prosedur (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen pada penelitian ini berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, soal-soal evaluasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw yang diterapkan oleh Guru 100% baik serta setelah model Jigsaw diterapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil berlaja belajar siswa kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang. Hal ini dapat diketahui dengan keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung ketika guru memberikan pertanyaan dan pada saat mereka melakukan kegiatan berkelompok, siswa berani untuk mengungkapkan pendapatnya, berinteraksi dengan temannya melalui kerjasama yang baik. Perolehan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I mencapai 67,44 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 70,24. Sedangkan hasil belajar dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II, yaitu sebelum tindakan 61,56 dengan ketuntasan 45,65 meningkat menjadi 69,08 dengan ketuntasan 71,73 kemudian meningkat menjadi 73,46 dengan ketuntasan 76,74 pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA  materi energi bunyi kelas IV SDN Citrodiwangsan 01 Lumajang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dan kegiatan dalam pembelajaran model Jigsaw.