SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV SD Kecamatan Tanjunganom Nganjuk.

NUR FARIDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Nur. 2012. Korelasi Kemampuan Membaca dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV SD Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Goenawan Roebyanto, M. Pd, (II) Dra. Sri Harmini, S. Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: korelasi, kemampuan membaca, kemampuan menyelesaikan soal cerita.

 

Berdasarkan hasil observasi diperoleh temuan bahwa siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menghadapi soal yang berbentuk cerita. Kesulitan tersebut terjadi karena pemahaman siswa dalam memahami isi dari soal cerita masih kurang sehingga tidak dapat menyelesaikan soal cerita dengan benar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) kemampuan membaca siswa kelas IV MIN Tanjunganom dan MIN Kedungombo di Kabupaten Nganjuk, (2) kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas IV MIN Tanjunganom dan MIN Kedungombo di Kabupaten Nganjuk, dan (3) korelasi kemampuan membaca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas IV MIN Tanjunganom dan MIN Kedungombo di Kabupaten Nganjuk.

Ditinjau dari jenis datanya, penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan berdasarkan permasalahannya termasuk penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan membaca dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan beberapa uji persyaratan analisis statistik yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, dan uji normalitas. Kegiatan analisis data dimulai dari penskoran tiap-tiap instrumen kemudian di analisis dengan teknik Corelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kemampuan membaca siswa kelas IV MIN Tanjunganom dan MIN Kedungombo menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 61,7233. Nilai minimum kemampuan membaca siswa sebesar 14,84. Nilai maksimum sebesar 89,08. Tes kemampuan meyelesaikan soal cerita menunjukkan rata-rata sebesar 55,165. Nilai minimum menjawab soal cerita sebesar 10. Nilai maksimum sebesar 88,5. Berdasarkan kedua data tersebut ditemukan bahwa nilai “r” yang dihasilkan yaitu 0,587 selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai r Product Moment dengan N = 103 dan taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 5%.  r_(hitung )= 0,587 dan  r_tabel= 0,195, berarti r_(hitung ) >  r_tabel.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa jika harga indeks koefisien korelasi yang diperoleh lebih besar dari harga r_tabel, maka hipotesis alteratif (ha) diterima. Jadi dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas IV MIN Tanjunganom dan MIN Kedungombo Kec. Tanjunganom Nganjuk.