SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR FOTO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN REJOSOKIDUL REJOSO PASURUAN

ASIA NINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Ningsih, Asia. 2012. Penggunaan Media Gambar Foto Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV  SDN        Rejoso Kidul Rejoso Pasuruan. Skripsi, Jurusan KSDP, FIP, Universitas    Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Ruminiati,M.Si, (II) Drs. Imam Nawawi,       M.Si.

 

Kata Kunci:   Penggunan Media Gambar Foto, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, SD

 

Dari Hasil identifikasi masalah yang telah dilakukan Pada pembelajaran  IPS  pembelajaran masih konvensional. Guru menggunakan Buku Ajar sebagai sumber belajar sekaligus Media. Gambar gambar yang ada dalam buku ajar selain ukurannya kecil gambar yang dibuat hanya mewakili dari suatu materi tidak mencakup seluruh materi dengan demikian pesan pembelajaran tersampaikan kurang optimal.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: Penggunaan Media Gambar Foto dikelas IV pada pembelajaran IPS materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi SDN Rejosokidul Kec Rejoso Pasuruan. Serta Penggunaan Media Gambar Foto untuk Meningkatkan Aktivitas Dan      Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SDN Rejosokidul Pasuruan.                                                                

Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas IV SDN Rejosokidul yang berjumlah 23 siswa. Dengan perincian   11 laki laki,  12 perempuan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan tes.                                                                                              

Hasil penelitian dapat diperoleh bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Pada siklus I aktivitas belajar mencapai 80.3 % dan pada siklus II mencapai 91.1 % mengalami peningkatan sebesar 10.8 %. Begitu juga pada hasil belajar pada siklus I mencapai 61.3. pada siklus II mencapai 81.9% mengalami peningkatan sebesar 20.6 %.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan media gambar foto pada pembelajaran IPS materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi siswa kelas IV SDN Rejosokidul dengan baik. (2) Media Gambar Foto dapat meningkatkan  aktivitas belajar siswa. (3) Media Gambar Foto dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berkaitan dengan hal itu maka disarankan agar guru , sekolah yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa disarankan untuk menerapkan media gambar seperti yang dikembangkan ini jika keadaan dan permasalahannya sama atau mirip dengan permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini. Disarankan bagi peneliti lanjut, coba teliti lagi penggunaan media gambar ini pada aspek-aspek yang lain dalam proses pembelajaran, misalnya kreativitas,motivasi, suasana belajar dan lain sebagainya.