SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Permnainan Kartu Kata Bergambar Untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di RA. Abdussalam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan

Astutik .

Abstrak


ABSTRAK

 

Astutik. 2012. Penerapan Permnainan Kartu Kata Bergambar Untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di RA. Abdussalam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Skripsi, S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini, JurusanPendidikan Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Prof.Dr.H.Moh.Shochib, M.Pd, (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd

 

Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Permaianan, Kartu kata bergambar

 

Berdasarkan hasil observasi anak kelompok A RA Abdussalam Bangil Pasuruan, terdapat rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan  permainan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak  TK, 2) Apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan permainan kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak, dan mendiskripsikan pegembangan kemampuan berbicara melalui permainan kartu kata bergambar.

Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas  model Kemmis dan Taggart. Penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A sebanyak 20 anak RA.Abdussalam  Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa lembar observasi anak dan lembar penilaian kemampuan anak. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A RA Abdussalam Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Hasil analisis data pada pra tindakan 20%, siklus I mencapai nilai rata-rata 55% pada siklus II mencapai rata-rata 85%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui permainan kartu kata bergambar, maka disarankan untuk guru TK dapat memilih penerapan metode yang sesuai dengan pembelajaran yang menyenangkan dan variatif.