SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR TEHNIK MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI ANAK KELOMPOK B RA NURUL HUDA CEMANDI KERSIKAN BANGIL

NUR LAILA

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemampuan pada anak kelompok B masih mencapai 49 % dari kemampuan yang diharapkan anak kurang tertarik terhadap kegiatan menggambar karena dalam pembelajaran menggambar tehnik membatik anak hanya diberi contoh saja tanpa ada bimbingan sehingga menggambarnya anak asal-asalan saja, tanpa ada nilai seninya, dari pengalaman-pengalaman yang terjadi maka peneliti mencoba memilih kegiatan yang tepat untuk mengatasi rendahnya seni melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar tehnik membatik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pemmbelajaran menggambar tehnik membatik dalam upaya meningkatkan kemampuan seni anak Kelompok B RA Nurul Huda Cemandi Kersikan Bangil.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian yang dilakukan terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 17 anak Kelompok B RA Nurul Huda Cemandi Kersikan Bangil. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, tehnik analisis yang digunakan adalah deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan seni anak pada pra tindakan sebesar 49 % meningkat 63 % pada siklus I dan meningkatkan lagi menjadi 87 % pada siklus II.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar anak Kelompok B RA Nurul Huda Cemandi Kersikan Bangil. Dari pengalaman, anak dapat berekspresi ke dalam bentuk gambar, ada beberapa saran yang dikemukakan adalah agar para guru hendaknya menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar tehnik membatik untuk meningkatkan kemampuan seni.