SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di TK Ummatul Wahidah Gempeng Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan

lilik mas'udah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan berbicara anak, hal ini disebabkan karena perkembangan anak yang kurang optimal, selain hal tersebut guru dalam menstimulasi berbagai perkembangan anak cara guru cenderung konvensional dimana pembelajaran masih berpusat pada guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak dengan menggunakan media permainan ular tangga. Dalam penelitian ini bertujuan sebagai berikut : (1) Mendeskripsikan penerapan permainan ular tangga yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A di TK. Ummatul Wahidah Gempeng Bangil, (2) Mendeskripsikan peningkatan pembelajaran dengan penerapan permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A di TK Ummatul Wahidah.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan sejumlah 20 anak dan melibatkan satu guru kolabolator, tempat penelitian di TK Ummatul Wahidah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tehnik observasi terhadap proses pembelajaran kemampuan berbicara. Tehnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan ketuntasan belajar minimal secara individu dan klasikal.

Hasil penelitian sebagai berikut: kemampuan berbicara pada pra tindakan diperoleh rata-rata 68%. Pada siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan pada  3 dan 4 April 2012 pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh rata-rata 79% dengan kategori B. Pada siklus II dilakukan 2 kali pertemuan yaitu pada tanggal 18 dan 19 April 2012 diperoleh rata-rata 89% terdapat kenaikan skor sebesar 10%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan berbicara: (1) Berbicara dengan teman sebaya tentang rencana dalam bermain (2) menjawab pertanyaan tentang keterangan atau informasi secara sederhana (3) menyebutkan posisi keterangan tempat misal : diluar, didalam, diatas, dll (4) Indikator menjawab pertanyaan tentang keterangan tempat, misal : di dalam, di luar, di atas, dll.Bagi guru TK dalam pembelajaran kemampuan berbicara anak disarankan agar guru memberikan pembelajaran yang menerapkan permainan ular tangga.