SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Eksperimen Pencampuran Warna Dengan Media Ampas Kelapa Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok A Di TK Satu Atap SDN Cangkring Malang 3 Beji Pasuruan

CHOIRIYAH ANNA WAHYUNI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Choiriyah Anna. 2012. Penerapan Metode Eksperimen Pencampuran Warna Dengan Media Ampas Kelapa Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Di TK Satu Atap SDN Cangkringmalang 3 Beji Pasuruan. Skripsi. SI Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1)  Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si  (2) Drs. Tomas Irianto,M.Pd.

 

Kata Kunci: Metode Eksperimen, Kemampuan Kognitif Pencampuran Warna.

 

Peningkatan Kemampuan kognitif anak melalui metode eksperimen pencampuran warna di TK Satu Atap SDN Cangkingmalang 3 Beji Pasuruan masih sangat rendah terbukti hanya 4  dari 16 anak utamanya dalam hal mengenal warna dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur. Melihat pengalaman-pengalaman yang terjadi, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen pencampuran warna dengan media ampas kelapa sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen pencampuran warna untuk meningkat kognitif anak, mendeskripsikan aktifitas anak dalam penerapan metode eksperimen pencampuran warna dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak  di TK Satu Atap SDN Cangkringmalang 3 Beji Pasuruan.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak-anak kelompok A sebanyak 16 anak pada semester II tahun pelajaran 2011-2012 di TK Satu Atap SDN Cangkringmalang 3 Bji Pasuruan. Pada pelaksanaan ini juga melibatkan 1 orang kolaborator. Pada pelaksanaan penelitian teknik pengumpulan data dilakukan melalui  observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu dengan menggunakan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.

Berdasakan hasil analisis data nilai rata-rata pada pratindakan 51.5%, siklus I  70.53%    dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata  85.87%, maka penerapan metode eksperimen melalui kegiatan pencampuran warna dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK  Satu Atap SDN Cangkringmalang 3 Beji Pasuruan. Penerapan yang dilakukan yaitu pencampuran warna melalui media ampas kelapa, dan mencoba menceritakan bagaimna jika warna dicampur.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pencampuan warna dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal warna dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan metode eksperimen pencampuran warna dengan media ampas kelapa dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna.Saran dari peneliti  bagi lembaga PAUD sebagai sumbangan pemikiran mengenai peningkatan kemampuan pencampuran warna, bagi guru semoga dapat menerapkan pembelajaran metode eksperimen untuk meningkatkan kognitif anak.