SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BENTUK POWERPOINT UNTUK MATERI TATA SURYA DI KELAS VI SDN CEMOROKANDANG 2 KOTA MALANG

Fitra Prasetyo Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Fitra Prasetyo. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Bentuk Powerpoint Untuk Materi Tata Surya di Kelas VI SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, , Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra.  Sri Estu Winahyu, M.Pd, (II) Dra. Sukamti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint, IPA, Tata Surya

 

Media pembelajaran bentuk PowerPoint merupakan media pembelajaran yang memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan komponen teks, gambar, suara, dan animasi grafik. Komposisi dari beberapa komponen tersebut dapat memperjelas uraian materi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Berdasarkan hasil wawancara serta hasil observasi terhadap media yang digunakan dalam pembelajaran, ditemukan fakta bahwa pada pembelajaran IPA untuk materi tata surya masih menggunakan media yang berupa gambar-gambar statis yang ada di dalam buku maupun pajangan di kelas. Serta masih kurangnya  pemanfaatan teknologi yang dimiliki dalam pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPA menggunakan PowerPoint yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam pembelajaran. Serta, juga dimaksudkan untuk menguji tingkat kevalidan media pembelajaran IPA bentuk PowerPoint  yang sedang dikembangkan dan menguji tingkat keefektifannya terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Data penelitian berupa hasil validasi yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, dan siswa kelas VI SDN Cemorokandang 2, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media PowerPoint.

Media PowerPoint ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi tata surya kelas VI di SDN Cemorokandang 2 Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli media didapatkan presentase sebesar 80%, ahli materi didapatkan persentase sebesar 85%, sedangkan dari audiens kelompok kecil didapatkan persentase sebesar 92,5%, serta dari audiens kelompok besar didapatkan persentase sebesar 89,28%. Selain itu, berdasarkan hasil belajar siswa, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar didapatkan hasil yang baik dengan jumlah siswa yang telah memenuhi SKM lebih besar daripada siswa yang belum mencapai SKM.

Disarankan agar guru lebih meningkatkan keterampilan dalam penggunaan program PowerPoint agar pemanfaatan produk ini dapat bermanfaat bagi guru dan siswa secara maksimal.