SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PROFIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN POLEHAN 2 KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Gandy Wigananda Bachtiar

Abstrak


ABSTRAK

 

Bachtiar, Gandy Wigananda. 2012. Profil Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd, (II) Drs. H. Sutarno, M.Pd.

 

Kata kunci: profil pembelajaran, matematika, SD

 

Sebagai ilmu pasti, matematika tidak pernah lepas dari kegiatan sehari-hari manusia, antara lain dalam perindustrian, perekonomian, pendidikan bahkan dalam menentukan hari tertentu. Observasi awal peneliti di SDN Polehan 2 serta hasil wawancara dengan guru pada tanggal 13 September 2011, didapatkan hasil bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan mata pelajaran matematika. Pada saat obeservasi awal guru menjelaskan materi secara klasikal dan menggunakan media, tetapi penggunaan media tersebut kurang optimal. Perhatian guru juga hanya terpusat pada beberapa kelompok sehingga kelompok yang lain terabaikan. Dari hasil wawancara dengan guru didapati bahwa guru sudah berusaha menggunakan media tetapi siswa tetap banyak yang belum menguasai materi yang diajarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan profil pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang, (2) Mendiskripsikan kendala yang dialami guru dalam membelajarkan Matematika di kelas IV SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang, (3) Mendiskripsikan kendala yang dialami siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penulisan skripsi menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian survey. Data yang disajikan berupa penjabaran dari apa yang telah diteliti. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV SDN Polehan 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang yang beralamatkan di Jalan Sadewo Nomor 39, Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan deskriptif kualitatif sebagai analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada dasarnya sudah sesuai dengan standar isi dan standar mutu pembelajaran. Guru telah mempersiapkan RPP sebelum melaksanakan pembelajaran, tetapi masih terdapat kekurangan didalamnya. Guru selalu menghadirkan media pada tiap pembelajaran, sehingga diharapkan siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran. Pada saat pembahasan LKS, guru kurang melibatkan siswa, sehingga siswa kurang aktif dalam berpendapat. Pada bagian akhir setiap tidak terdapat simpulan, refleksi,dan tindak lanjut, hanya terdapat evaluasi. Guru mengalami kesulitan dalam hal penyusunan RPP yang sesuai PAKEM, pengorganisasian waktu, penyediaan media, dan pengelolaan siswa. Siswa mengalami kesulitan diantaranya, pada waktu menggunakan busur, susah menghafal tangga satuan ukur dan satuan berat, dan pada saat mengubah satuan.