SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI “TARI KUPU-KUPU” PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI PESUDUKUH BAGOR NGANJUK

Eka Wijiastutik

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijiastutik, Eka. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui “Tari Kupu-Kupu” Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Pesudukuh Bagor Nganjuk. Skripsi, Program studi PG PAUD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, FIP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd., (II) Muh. Arafik, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Tari Kupu-kupu, Perkembangan Motorik Kasar.

 

Perkembangan motorik kasar anak harus dialami langsung agar kegiatan motorik kasar dapat dikembangkan serta menarik dan menyenangkan bagi anak. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Pertiwi Pesudukuh, Kec. Bagor, Kab. Nganjuk, pembelajaran yang sering dilakukan dalam peningkatan kemampuan motorik kasar anak mengacu pada kegiatan menendang bola, menangkap bola, memantulkan bola, dan berjalan di atas papan titian saja. Kurang bervariasinya guru dalam penggunaan metode pembelajaran untuk meningkatkan semangat, kreativitas, kemampuan dan ketertarikan anak dalam pembelajaran, sehingga anak merasa bosan dan perkembangan motorik kasar dalam koordinasi dan keseimbangan gerak kurang optimal dan belum mencapai hasil maksimal.

Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran Tari Kupu-kupu dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK “PERTIWI PESUDUKUH” Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk dan Apakah penerapan pembelajaran Tari Kupu-kupu dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK “PERTIWI PESUDUKUH” Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk.

Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Ketika guru mengajar, peneliti menjadi observer, ketika peneliti mengajar, guru yang menjadi observer. Penelitian ini dilakukan di Kelompok B TK Pertiwi Pesudukuh Kec. Bagor, kab. Nganjuk dengan jumlah siswa 18 anak, 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan, dapat kita lihat pada Pra Tindakan sebelum dilaksanakannya Tari Kupu-kupu diperoleh ketuntasan belajar sebesar 50%, sedangkan setelah diterapkan Tari Kupu-kupu pada Siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 63%, dan meningkat pada Siklus II dengan perolehan nilai ketuntasan belajar sebesar 84%.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui tari kupu-kupu di TK Pertiwi Pesudukuh Kec. Bagor, Kab Nganjuk dapat meningkatkan: (1) koordinasi gerak anak, (2) kelincahan gerak anak, (3) keseimbangan gerak anak, (4) kelincahan gerak anak, (5) bentuk gerak tubuh, (6) melatih daya ingat anak, (7) ketepatan gerak, dan (8) melatih sosial emosional anak. Saran kepada guru agar menggunakan tari kupu-kupu dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Bagi sekolah, agar guru lebih kreatif dalam menciptakan pembelajaran. Bagi anak, agar pengetahuannya lebih luas dan motorik kasarnya dapat berkembang. Bagi peneliti, pembelajaran tari dapat dilakukan dengan menggunakan kostum dan make up.