SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS LKS IPA KELAS IV SEMESTER 1 YANG DIGUNAKAN DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS 7 KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Heni Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Heni. 2012. Analisis LKS IPA Kelas IV Semester 1 Yang Digunakan Di Sekolah Dasar Se Gugus 7 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. HJ. Sukamti, M.Pd dan Drs. Heru Agus Triwidjaja, M.Pd.

      

Kata Kunci: LKS, IPA, Evaluasi

 

Lembar Kegiatan Siswa adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa yang berisi petunjuk, mencakup materi pokok secara singkat, soal-soal evaluasi, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas dapat berupa teori dan atau praktik. Dengan menggunakan LKS dalam pengajaran akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian guru bertanggung jawab penuh dalam memantau siswa dalam proses belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis kesesuaian materi dengan kurikulum, kebenaran bahasa, ketersediaan media gambar, kesesuaian isi LKS dengan syarat didaktif, kontruksi dan teknik, serta pertanyaan-pertanyaan berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor menurut Taksonomi Bloom pada LKS IPA kelas IV semester 1 yang digunakan di Sekolah Dasar Se Gugus 7 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar se gugus 7 Kecamatan Kepanjen yang terdiri dari 8 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase (%).

Hasil penelitian analisis LKS IPA kelas IV semester 1 yang digunakan di sekolah dasar Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, menunjukkan bahwa kesesuaian materi dengan kurikulum memperoleh 78,57%, kebenaran bahasa pada ke-4 LKS termasuk dalam kategori sedang, ketersediaan media gambar yang digunakan cukup inovatif, kesesuaian isi dengan syarat didaktif memperoleh 80%, syarat kontruksi memperoleh 70%, dan syarat teknis memperoleh 92,86%, serta pertanyaan-pertanyaan dari ke-4 LKS memperoleh 100% hanya terdapat ranah kognitif.

Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan LKS yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam LKS tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Lebih bagus apabila dalam mengajar seorang guru mampu membuat LKS sendiri sesuai dengan ketentuan ilmiah yang ada dan sesuai kriteria dalam kurikulum yang berlaku.