SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang.

Pradhiavita Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Pradhiavita. 2012. Hubungan Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Drs. H. Sutarno, M. Pd., (II) Dra. Nur Hanifah, M. Pd.

 

Kata Kunci: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar,  Pendidikan Kewarganegaraan SD

 

Faktor dominan dalam pendidikan adalah guru. Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan cukup berperan dalam menentukan kualitas lulusan. Guru pada dasarnya selalu menyusun dan memiliki perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus, RPP dan sebagainya. Walaupun tahap perencanaan guru sudah baik tetapi belum tentu dilaksanakan oleh guru, tetapi hasil belajar yang diperoleh siswa baik. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran, (2) perencanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa, (3) pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa, (4) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini  yaitu guru dan siswa yang mengikuti mata pelajaran PKn kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang. Sampel diambil menggunakan teknik sampel random (sampel acak) dengan cara undian. Instrumen yang dipakai yaitu pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi berganda.

Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran, rhitung 0,294 < rtabel 0,950; (2) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa, rhitung 0,132 < rtabel 0,950; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa, rhitung 0,986 > rtabel 0,950; (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar belajar siswa Fhitung 452,750 > Ftabel 199.

Saran yang bisa diberikan sesuai dengan kesimpulan penelitian yaitu, (1) sekolah dapat memberikan masukan kepada guru untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agar kinerja guru menjadi maksimal; (2) guru hendaknya lebih memperhatikan kualitas perencanaan yang telah disusun dan keseuaian pelaksanaan pembelajaran sebagai optimalisasi hasil belajar siswa; (3) bagi peneliti lain perlu mempertimbangkan untuk mengembangkan indikator atau variabel yang sesuai dengan kondisi lokasi dan waktu penelitian.