SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi metode demonstrasi dengan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya kelompok B TK PGRI 4 Kolursari Bangil

Novi Sulistiyorini

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistiyorini, Novi. 2012. Implementasi metode demonstrasi  dengan media kartu kata untuk meningkatkan  kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya kelompok B TK PGRI 4 Kolursari Bangil. Skripsi, Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Sa’dun Akbar, M.Pd; (2) Muh. Arafik S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: Belajar Kata, Bahasa.

 

Anak usia sini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya.Salah satu perkembangan anak adalah perkembangan bahasa. Kemampuan bahasa anak yang berhubungan dengan menghubungkan gambar dengan simbolnya, membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana, mencocokkan gambar dengan kartu kata masih belum berkembang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dengan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya kelompok B TK PGRI 4 Kolursari Bangil, 2) mendeskripsikan penerapan implementasi metode demonstrasi dengan media kartu kata untuk meningktkan kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya kelompok B TK PGRI 4 Kolursari.

Metode yang digunakan metode demonstrasi, dimana guru menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu selanjutnya akan dipraktekkan oleh anak. Metode demonstrasi bisa juga di bagi yaitu praktek langsung oleh anak dan praktek tidak langsung.

Penelitian ini dilakukan di TK PGRI 4 Kolursari  mulai tanggal 29 Maret  sampai dengan  7 April 2012  pada anak kelompok B yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan implementasi metode demonstrasi  dengan menggunakan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya TK PGRI 4 Kolursari Bangil dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, terbukti dari hasil yang diperoleh siswa dengan rata-rata hasil tes mulai dari pra tindakan (45) dengan persentase (25%) meningkat siklus I pertemuan pertama (64) dengan persentase (55%) dan meningkat lagi siklus II pertemuan pertama (82,5) dengan persentase 100%.

Dapat disarankan implementasi metode demonstrasi menggunakan kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya kelompok B TK PGRI 4 Kolursari Bangil untuk meningkatkan kemampuan menghubungkan gambar dengan simbolnya ini dalam pembelajaran bidang kemampuan bahasa terutama dalam mencocokkan gambar dengan simbolnya, kemampuan anak membaca gambar yang memiliki kata kalimat sederhana.