SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan permainan kenali balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Dalam Mengelompokan Benda di TK PGRI 02 Wagir-Malang

Nur Mainingsih

Abstrak


Kata Kunci: Permainan kenali balok, Kemampuan kognitif,  TK kelompok B.

 

Berdasarkan hasil observasi kemampuan kognitif anak di TK PGRI02 Wagir  dari 22 anak hanya 7 anak yang mendapat skor diatas 75% dengan kriteria baik, sedangkan 14 anak mendapat skor dibawah 74% dengan kriteria cukup dan 1anak mendapat skor dibawah 45% dengan kriteria kurang. Hal ini  disebabkan karena guru menggunaan metode tanya jawab dan media gambar  dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga anak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk: 1) Bagaimana penerapan permainan kenali balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak TK kelompok B dalam mengelompokan benda di TK PGRI 02 Wagir? , 2) Apakah penerapan permainan kenali balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B dalam mengelompokan benda di TK PGRI 02 Wagir?.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok B di TK PGRI 02 Wagir sebanyak 22 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan dokumentasi berupa foto. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.

Hasil  dari penelitian ini adalah penerapan  permainan kenali balok dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengelompokan benda dari 66,1% pada pra penelitian menjadi  74,2% pada siklus I% dan meningkat menjadi 84% pada siklus II.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan permainan kenali balok mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengelompokan benda  pada anak kelompok B di TK PGRI 02 Wagir – Malang. Bagi guru TK hendaknya lebih lebih kreatif dalam menerapkan permainan ini agar anak tidak merasa bosan. Bagi lembaga TK penelitian ini dapat dijadikan sumber inspirasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi peneliti lanjutan permainan kenali balok dapat dijadikan sebagai rujukan untuk penelitian lain yang sejenis untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa