SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUANAKAN MEDIA BALOK HURUF SISWA KELAS I SDN PLUMBANGAN 02 KABUPATEN BLITAR

Heny Purwitosari

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwitosari, Heny. 2011. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Mengguanakan Media Balok Huruf Siswa Kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar.  Skripsi, S1 PGDS jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sutansi, M. Pd. (II) Sri Nuryati, M. Pd.

 

Kata Kunci: membaca, permulaan, media balok huruf

 

Hasil observasi pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar terdapat beberapa kekurangan diantaranya, (1) guru hanya menggunakan metode ceramah, (2) guru tidak menggunakan media sehingga siswa kurang berminat dan tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan masih banyak siswa kelas I yang masih belum bisa membaca dengan lancar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media balok huruf dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca permulaan dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media balok huruf pada siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian berupa, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Data yang diperoleh berupa tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data, menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan media balok huruf ternyata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I. Pada tahap pratindakan rata-rata nilai kelas 63, dengan presentase ketuntasan klasikal 23%. Siklus I mengalami peningkatan 77 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 69%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa sebesar 84 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia keterampilan membaca permulaan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media balok huruf.