SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK B TK AL HIDAYAH 03 CANDIREJO BLITAR

Winarti .

Abstrak


ABSTRAK

 

Winarti. 2011. Penerapan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Tk Al Hidayah 03 Candirejo   Blitar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr.  Musa Sukardi, M. Pd, (2) Drs.H Hadi Mustofa, M.Pd.

 

Kata Kunci : Metode Bercerita,  Kemampuan Bahasa.

 

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan bahwa kemampuan bercerita anak kelompok B masih rendah. Hal tersebut dapat diketahui bahwa lebih dari separoh jumlah anak didik mengalami kesulitan. Penyebab kesulitan dikarenakan metode dan media yang digunakan dalam pembelajaran belum sesuai dengan karakteristik anak.

Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan pemecahan masalah dengan menerapkan metode bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar, (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa dengan menggunakan media gambar seri setelah menerapkan metode bercerita.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah semua anak didik kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar dengan jumlah 14 anak didik. Penelitian ini peneliti bertindak sebagai pelaksana (pengajar) sekaligus observer yang dibantu oleh mitra peneliti yaitu Guru Kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar. Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Bitar meningkat dengan menerapkan metode bercerita dengan media gambar seri.

Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan media gambar seri. Anak merasa senang dalam melaksanakan tugas dari guru. Dengan menerapkan metode bercerita keberanian anak, rasa percaya diri anak berkembang sehingga berdampak pada keberanian anak dalam menceritakan dan mengurutkan isi cerita gambar seri. Sehingga kemampuan menceritakan dan mengurutkan isi gambar seri anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar serta kualitas proses pembelajaran mengurutkan isi gambar seri meningkat dengan menerapkan metode bercerita.