SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Children Learning In Science untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Dawuhansengon 02 Pasuruan

Endah Kurniati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniati, Endah. 2012. Penerapan Model Children Learning In Science untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di Kelas V SDN Dawuhansengon 02 Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Musa Sukardi, M.Pd (II) Dra. Hj. Sri Estu Winahyu, M. Pd

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Children Learning In Science, Pembelajaran, IPA.

 

Pengetahuan awal yang dimiliki siswa diperoleh dari pengalaman yang berbeda-beda dan berbagai sumber informasi. Penguasaan pengetahuan awal yang dimiliki siswa sangat berpengaruh terhadap perolehan pengetahuan di sekolah, dalam hal ini peran guru sangatlah penting. Berdasarkan hasil observasi di SDN Dawuhansengon 02 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Pembelajaran berlangsung di dalam kelas, setelah semua siswa membuka buku teks IPA pada halaman yang sesuai dengan perintah guru, guru meminta siswa untuk membaca ringkasan materi yang terdapat pada buku tersebut. Kemudian siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan yang ada pada buku. Setelah semua siswa selesai mengerjakan soal, kemudian siswa bersama guru membahas hasil pekerjaan siswa sekaligus mengoreksi dengan menukarkan hasil pekerjaan antar siswa sebangku. Setelah membahas hasil pekerjaan siswa dan pengoreksian secara bersama maka siswa diberi nilai. Hasil belajar yang diperoleh siswa pun belum mencapai KKM yang ditentukan.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CLIS dalam pembelajaran IPA siswa kelas kelas V SDN Dawuhansengon 02 Purwodadi Kabupaten Pasuruan, 2) mendiskripsikan aktivitas belajar IPA siswa kelas V SDN Dawuhansengon 02 Purwodadi Kabupaten Pasuruan melalui model pembelajaran CLIS, 3) mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Dawuhansengon 02 Purwodadi Kabupaten Pasuruan melalui model pembelajaran CLIS.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Dawuhansengon 02 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang dignakan adalah PTK yang meliputi lima tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Children Learning In Science di kelas V SDN Dawuhansengon 02 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti dengan tercapainya seluruh indikator dalam RPP dengan baik, yang dibuat berorientasi pada keaktifan siswa. Penerapan model Children Learning In Science dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata siswa pada siklus I yang mencapai 6,92 dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 9,28 selain aktivitas juga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang mendapat nilai 66,8 meningkat menjadi 81,9 pada siklus II. Hal ini berarti dengan menerapkan model Children Learning In Science dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Dawuhansengon 02 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan Dalam melaksanakan pembelajaran, model CLIS membimbing siswa bahwa berangkat dari pengetahuan awal siswa dan beri kesempatan siswa menemukan sendiri pengetahuannya melalui tahapan-tahapan dalam model CLIS, perlunya perencanaan dan persiapan yang matang, sehingga pembelajaran berlansung dengan lancar dengan alokasi waktu yang tepat dan guru mampu mengendalikan situasi di kelas dengan pengaturan kelompok sebelum kegiatan pembelajaran.