SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Bermain Dengan Menggunakan Gambar Dan Kartu Huruf Pada Papan Planel Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Di TK PGRI 2 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar

Nunik Purwaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwaningsih, Nunik. 2012. Penerapan Bermain Dengan Menggunakan Gambar Dan Kartu Huruf Pada Papan Planel Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Di TK PGRI 2 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar Skripsi Program Studi S1 PG PAUD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I)Dr. Musa sukardi, M.Pd, (II) Dra.Sutansi, M.Pd

 

Kata Kunci: kemampuan bahasa, bermain gambar dan kartu huruf ,TK

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan berbahasa anak karena belum mampu untuk menghubungkan gambar/benda dengan kata dan belum mampu membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana.sehingga mempengaruhi bahasa dan imajinasi anak  pada kelompok A di TK PGRI 2  Kecamatan Nlegok Kabupaten Blitar. Metode dan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang menarik bagi anak, anak merasa bosan dan bermain sendiri. Atas dasar itulah perlu diadakan perbaikan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah penerapan bermain gambar dan huruf pada papan flanel serta Mendeskripsikan  penerapan bermain gambar  dan huruf  untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A di TK PGRI 2 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

Penelitian ini dilakukan di Tk PGRI 2 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar  dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan ,yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas. Sasaran penelitian ini adalah anak kelompok A.  Data yang diperoleh berupa lembar observasi kemampuan bahasa anak.Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain  gambar dan kartu huruf pada papan flanel dalam kegiatan pembelajaran kemampuan bahasa pada anak terbukti dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK PGRI 2 Nglegok.Pada siklus I Kemampuan rata rata anak mencapai 50,705 % meningkat menjadi 86,1125 % pada siklus II.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode bermain kartu huruf dan gambar dengan menggunakan papan flanel  kemampuan bahasa anak dapat meningkat ditandai dengan meningkatnya kemampuan bahasa melalui menghubungkan gambar dengan kata dan membaca gambar yang mempunyai kata kalimat sederhana.Sehingga dalam penelitian tindakan kelas ini disarankan bagi guru hendaknya selalu menggunakan media kartu huruf dan gambar dalam kegiatan pembelajaran berbahasa agar kegiatan menjadi lebih menarik.