SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MADING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS V SDN SAWOJAJAR 4 MALANG

Suciati Purwo

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwo, Suciati. 2012. Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Mading Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas V SDN Sawojajar 4 Malang. Skripsi, Program Studi PGSD, Jurusan KSDP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn, (2) Drs. I Made Seken, M.Pd

 

Kata kunci: Mading, hasil belajar, pembelajaran menggambar ilustrasi

 

Kondisi pembelajaran menggambar ilustrasi di SDN Sawojajar 4 materi masih belum mencakup semua indikator hasil belajar, guru mengajarkan pengetahuan pengertian gambar ilustrasi serta menggambar ilustrasi. Padahal indikator hasil belajar menggambar ilustrasi adalah menggambar ilustrasi, pengetahuan tentang gambar ilustrasi serta apresiasi gambar ilustrasi. Selain itu guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai materi menggambar ilustrasi. Salah satu media yang sesuai adalah mading.

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan: (1) hasil belajar pada pembelajaran menggambar ilustrasi objek manusia dan kehidupannya dengan tidak menggunakan mading pada siswa kelas VA, (2) hasil belajar pada  pembelajaran menggambar ilustrasi objek manusia dan kehidupannya dengan menggunakan mading pada siswa kelas VB, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran yang menggunakan media mading terhadap hasil belajar pada pembelajaran menggambar ilustrasi objek manusia dan kehidupannya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SDN Sawojajar 4 Malang dengan sampel total sebagai subjek yaitu siswa kelas V sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan..

Hasil penelitian ini adalah: (1) tidak terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar dengan indikator menggambar ilustrasi pengetahuan tentang gambar ilustrasi, serta apresiasi terhadap gambar ilustrasi pada pembelajaran  yang tidak menggunakan mading, (2) terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar dengan indikator menggambar ilustrasi pengetahuan tentang gambar ilustrasi, serta apresiasi terhadap gambar ilustrasi pada pembelajaran  yang menggunakan mading, (3) penggunaan mading dalam pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran menggambar ilustrasi dengan objek manusia dan kehidupannya. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan mading dalam pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran menggambar ilustrasi dengan objek manusia dan kehidupannya. Hal ini diuji dengan menggunakan independent sample t-test yang menunjukkan bahwa hasil uji independent sample t-test adalah 0, 00 dan lebih kecil dari pada 0, 05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk menambahkan materi-materi dalam instrumen yang digunakan sehingga data hasil penelitian dapat lebih akurat. Peneliti juga diharapkan dapat menggunakan kelas paralel sehingga tidak membagi satu kelas menjadi 2 untuk dijadikan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.