SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Kelompok B melalui Senam Fantasi di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung Malang

Risalatul Ummah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ummah, Risalatul. 2012. Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Kelompok B melalui Senam Fantasi di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ahmad Samawi, M. Hum., (II) Drs. Tomas Iriyanto, S. Pd., M. Pd.

 

Kata Kunci:  Senam fantasi, kemampuan fisik motorik kasar.

 

Latar belakang penelitian ini berawal dari keinginan penulis untuk meneliti pengembangan pembelajaran bidang fisik motorik anak  dengan rentang usia 5-6 tahun. Pergerakan anggota tubuh anak mempunyai banyak manfaat untuk pertumbuhan aspek-aspek kemampuan anak lainnya seperti aspek perkembangan kognitif dan aspek perkembangan sosial emosional anak. Senam fantasi merupakan salah satu kegiatan fisik motorik kasar yang sering dilakukan di TK, namun masih jarang dilakukan penelitian tentang senam fantasi.

Penelitian ini menggunakan rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimanakah penerapan senam fantasi untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung, (2) apakah penerapan senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung Malang pada anak kelompok B yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penilaian dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dihitung dari nilai rata-rata.dari aspek kemampuan fisik motorik dan nilai rata-rata persentase dari keseluruhan komponen penilaian. Pemerolehan data diklasifikasi dan dianalisis secara deskriptif, baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) penerapan senam fantasi dengan latihan pendahuluan, latihan inti dan latihan penenangan dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak, (2) penerapan senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak Kelompok B TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung Kabupaten Malang dari 74 % pada siklus I meningkat menjadi 82 % pada siklus II.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung Malang mengalami peningkatan melalui senam fantasi, (2) penerapan senam fantasi dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sukolilo Jabung. Disarankan bagi guru, agar menerapkan senam fantasi dalam pengembangan fisik motorik anak kelompok B dengan lebih menarik lagi. Bagi lembaga TK/RA dapat melatih guru dalam melaksanakan senam dengan memperkaya variasi pembelajaran lebih bervariatif lagi. Bagi peneliti lain diharapkan menggunakan teknik senam fantasi dengan bidang kemampuan yang lainnya, seperti: kemampuan sosial emosional sehingga mendapatkan temuan baru dan yang lebih signifikan.