SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Jelajah Gravitasi Kelompok B.2 Di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 24 Malang.

Zara Hijri Prayogi

Abstrak


ABSTRAK

 

Prayogi, Zara Hijri. 2012. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Jelajah Gravitasi Kelompok B.2 Di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal 24 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, Program studi SI PAUD, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.si, (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.pd M.pd.

 

Kata Kunci: kemampuan kognitif, bermain jelajah gravitasi

 

Kemampuan kognitif merupakan salah satu kemampuan anak yang berhubungan dengan kemampuan untuk memilah-milah, mengelompokan serta mempersiapkan pengembangan kemampuan berpikir teliti. Melalui bermain jelajah gravitasi, anak akan diajak untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya yang meliputi: mengelompokan benda yang cepat jatuh dan benda yang lamban jatuh, menyebutkan benda yang lebih berat dan benda yang lebih ringan, mencoba menceritakan tentang apa yang terjadi jika benda-benda dijatuhkan (gravitasi), mengungkapkan sebab akibat benda yang melawan garvitasi, mengungkap asal mula adanya gaya gravitasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan penerapan bermain jelajah gravitasi pada kelompok B.2 di TK Aisyah Bustanul Athfal 24 Malang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak pada kelompok B.2 di TK Aisyah Bustanul Athfal 24 Malang setelah menerapkan bermain jelajah gravitasi untuk anak usia dini.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek Penelitian adalah anak kelompok B.2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal  tahun pelajaran 2011/ 2012 dengan jumlah 24 anak yang terdiri dari 14 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan instrumen lembar observasi yang dilengkapi dengan pedoman penilaian serta dokumentasi berupa foto, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kognitif melalui bermain jelajah gravitasi kelompok B di TK ABA 24 malang pada para tindakan ketuntasan kelas mencapai 58,33 %, siklus I ketuntasan kelas mencapai 70,83 % dan siklus II  mencapai 87, 5 %. Hasil ini melebihi dari yang diharapkan peneliti yakni ketuntasan kelas 75 %.

Kesimpulan penelitian bahwa penerapan bermain jelajah gravitasi  dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan baik. Disarankan bagi tenaga pendidik anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan kognitif  anak melalui bermain jelajah gravitasi.