SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN TARI GEMBALA SAPI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK A1 TAMAN KANAK- KANAK (TK) ABA 06 MALANG

Wahyu Purwaningayu Galih

Abstrak


ABSTRAK

 

Galih, Wahyu Purwaningayu. 2012. Penggunaan Tari Gembala Sapi dalam Pembelajaran  Anak  Usia  Dini  untuk  Meningkatkan  Perkembangan Motorik Kasar Anak di Kelompok A1 Taman Kanak-Kanak (TK) ABA 06 Malang.  Skripsi  Prodi  Pendidikan  Guru  Pendidikan  Anak  Usia  Dini Jurusan  Kependidikan  Sekolah  Dasar  dan  Prasekolah  Fakultas  Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing  (I) Dr. Musa Sukardi, M. Pd., Dosen Pembimbing (II) Drs. Usep Kustiawan, M. Sn.

 

Kata  kunci: Tari Gembala  Sapi,  Pembelajaran Anak Usia Dini,  Perkembangan Motorik Kasar.

 

Usia  taman  kanak-kanak  (TK)  merupakan  waktu  yang  tepat  bagi  anak untuk belajar,  sehingga disebut usia emas  (golden ages). Perkembangan motorik kasar pada  anak perlu  adanya bantuan dari para pendidik  agar kegiatan motorik kasar  dapat  dikembangkan  serta  menarik  dan  menyenangkan  bagi  anak.

Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK ABA 06 Malang tepatnya kelompok A1,  perkembangan motorik  kasar  pada  anak  kurang  optimal. Karena  kurangnya kreatifitas  guru  dalam  mengajar  dan  keterbatasan  tempat  untuk  melakukan kegiatan motorik kasar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan tari gembala sapi dalam  meningkatkan  motorik  kasar  anak  usia  dini  dan  mendeskripsikan peningkatan  perkembangan motorik  kasar  anak  usia  dini melalui  penerapan  tari gembala sapi di kelompok A1 TK ABA 06 Malang.

Rancangan  penelitian  ini  menggunakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di Kelompok A1 TK ABA 06 Malang dengan jumlah  siswa  21  anak,  9  siswa  laki-laki  dan  12  siswa  perempuan.  Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan langkah-langkah penerapan tari gembala sapi  dalam  pembelajaran motorik  kasar  anak  usia  dini  yaitu  (a)  guru member contoh  seluruh  gerakan  tarian;  (b)  posisi  guru  menghadap  atau  membelakangi anak; (c) guru memberi contoh gerakan satu persatu dengan hitungan; (d) gerakan dilakukan  dengan  iringan  musik;  (e)  menggunakan  properti  dan  kostum  tari. Adanya  peningkatan  dari  kegiatan  Pra  tindakan  diperoleh  skor  52%,  Siklus  I diperoleh skor 70% dan Siklus II dengan skor 90%.

Kesimpulan  penelitian  ini  adalah  pembelajaran  tari  gembala  sapi  dapat meningkatkan  kemampuan  motorik  kasar  anak  usia  dini  secara  maksimal.  Langkah-langkah  penerapan  tari  gembala  sapi  yaitu  (a)  guru  memberi  contoh seluruh gerakan  tarian;  (b) posisi guru menghadap  atau membelakangi  anak;  (c) guru memberi contoh gerakan satu persatu dengan hitungan; (d)  seluruh gerakan dilakukan dengan iringan musik; (e) menggunakan properti dan kostum tari.

Saran kepada  guru  agar  menggunakan  tari  gembala  sapi  dalam  pembelajaran  untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini.