SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Komite Sekolah dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Program Sekolah (Studi Kasus di SDN Sawojajar 5 Kota Malang).

KRISDIANA ENRIKA PUTERI

Abstrak


ABSTRAK

 

Puteri, Krisdiana Enrika. 2012. Peran Komite Sekolah dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Program Sekolah (Studi Kasus di SDN Sawojajar 5 Kota Malang). Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Muchtar, S.Pd., M.Si., (II) Drs. H. Syaiful Imam, M.Pd.

 

Kata Kunci : Peran, Komite Sekolah, Sekolah Dasar

 

Upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya pada pendidikan dasar merupakan tugas sekolah dan juga masyarakat. Organisasi yang merupakan wakil dari masyarakat, khususnya orang tua di tingkat satuan pendidikan adalah komite sekolah. Peran komite sekolah dengan jelas terdapat dalam Kepmendiknas No. 044/U/2002, yaitu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya komite sekolah berperan sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency), lembaga pendukung (supporting agency), lembaga pengontrol (controlling agency), lembaga mediator (mediator agency), dan lembaga evaluator (evaluator agency).

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keterlibatan komite sekolah dalam penyusunan dan pelaksanaan program sekolah di SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Program sekolah yang ada di SDN Sawojajar 5 terdiri dari program sekolah di bidang kesiswaan; prasarana dan sarana; hubungan masyarakat; kurikulum dan pengajaran; personalia dan kepegawaian; dan keuangan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi kasus tunggal. Data dalam penelitian ini berupa paparan data tentang peran komite sekolah dalam penyusunan dan pelaksanaan program sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), hingga kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Sedangkan untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan juga uji konfirmabilitas.

Berdasarkan analisis data, diperoleh 2 kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) peran komite sekolah dalam penyusunan program sekolah di SDN Sawojajar 5 sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency) telihat pada program di bidang kesiswaan, prasarana dan sarana, hubungan masyarakat, kurikulum dan pengajaran, personalia dan kepegawaian, dan keuangan; serta sebagai lembaga pendukung (supporting agency) pada program di bidang kesiswaan, prasarana dan sarana, hubungan masyarakat, dan keuangan. Selanjutnya, (2) peran komite sekolah dalam pelaksanaan program sekolah di SDN Sawojajar 5 adalah sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency), lembaga pendukung (supporting agency), lembaga pengontrol (controlling agency), lembaga mediator (mediator agency), serta sebagai lembaga evaluator (evaluator agency) yang terlihat pada program di bidang bidang kesiswaan, prasarana dan sarana, hubungan masyarakat, kurikulum dan pengajaran, personalia dan kepegawaian, dan keuangan

Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian ini, peneliti merasa bahwa hasil penelitan ini masih sampai pada peran komite sekolah dalam penyusunan dan pelaksanaan program sekolah secara umum saja. Hal tersebut terjadi karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya yang dimiliki oleh peneliti dalam penelitian ini. Akhirnya, menurut peneliti, penelitian ini perlu dilanjutkan oleh peneliti lain, baik dengan pendekatan, tema, maupun subjek penelitian yang sama atau pun berbeda. Melalui penelitian-penelitian lanjutan tersebut diharapkan dapat mendukung, mendalami, dan mengembangkan berbagai persoalan yang telah diungkap dalam penelitian ini.