SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kreativitas Melalui Bermain Finger Painting Kelompok B Di RA. Muslimat Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang

Nur Siti Zulaikah Dwi Alami

Abstrak


ABSTRAK

 

Alami, Nur Siti Zulaikah Dwi. 2012. Peningkatan  Kreativitas Melalui Bermain Finger Painting Kelompok B Di RA. Muslimat Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang, Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn, (II) Drs. Tomas Iriyanto, M.Pd

 

Kata kunci: Kreativitas, Bermain  Finger Painting

 

Kebutuhan akan kreativitas dalam penyelenggaraan pendidikan dirasakan merupakan kebutuhan setiap anak. Sehubungan dengan ini pendidikan hendaknya bertuju pada pengembangan kreativitas peserta didik agar dapat memenuhi kebutuhan pribadi, kebutuhan masyarakat dan negara. Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kreativitas anak. Disebabkan karena kegiatan pembelajaran monoton dan lebih menekankan pada pengembangan akademis.

Berdasarkan latar belakang di atas, yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah penerapan permainan finger painting untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok B di RA. Muslimat Gedangan, Malang?; (2) Apakah penerapan permainan finger painting dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di RA. Muslimat Gedangan, Malang?

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dengan proses bersiklus. Dalam setiap siklus ada beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA. Muslimat Gedangan, Malang mulai bulan Februari-Maret 2011. Subyek adalah anak kelompok B. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data, menggunakan instrumen lembar observasi dan instrumen penilaian untuk menilai hasil karya anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik secara kuantitatif dan kulitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan dapat meningkatkan kreativitas anak yaitu melukis dengan jari bentuk yang ada dilingkungan sekitar anak, meniru membuat garis tegak, lurus, lengkung dan lingkaran, melukis dengan jari/finger painting (tempat wisata), Melukis dengan jari (tempat rekreasi yang paling disukai/pemandangan), terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi kreativitas anak dan kreativitas hasil karya anak pada pra tindakan skor keberhasilan sebesar 48% dan pada siklus I 61%, terjadi peningkatan 13%. Siklus I 61% dan  pada siklus II skor keberhasilan mencapai 82%, terjadi peningkatan 21%. Peningkatan yang terjadi sesuai standar  yang diharapkan peneliti, bahkan sudah melebihi batas minimal yang diterapkan yaitu sebesar 75%.

Saran bagi guru yaitu agar dapat menerapkan permainan finger painting untuk mengembangkan kreativitas anak dengan kegiatan yang lebih dapat memberikan anak-anak kebebasan untuk menciptakan hasil karya yang lebih banyak sesuai dengan ide-ide kreatif yang dimiliki anak. Bagi peneliti selanjutnya kegiatan yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan oleh penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga akan menjadi lebih baik lagi dan untuk meningkatkan kemampuan anak yang lain tidak hanya kreativitasnya.