SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MEDIA CERITA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK KELOMPOK B DI TK KEMALA BHAYANGKARI 11 TUMPANG

TRI LESTARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Tri. 2012. Penerapan Media Cerita Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn. (II) Drs. I. Made Seken, M.Pd

 

Kata Kunci : kemampuan berbahasa lisan, media cerita gambar seri

 

Penelitian ini berlatar belakang pada masih rendahnya kemampuan berbahasa lisan anak terutama dalam hal mengungkapkan gagasan/ide untuk menyampaikan maksud. Anak mengalami kesulitan dalam pengembangan kemampuan berbahasa lisan, terutama ketika guru melakukan tanya jawab dengan anak. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang diterapkan selama ini kurang menyenangkan bagi anak, kurang memperhatikan karakteristik anak, dan bersifat memaksa.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendiskripsikan penerapan media cerita gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang. (2) mendiskripsikan apakah penerapan media cerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang.

Penelitian ini dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 11 Tumpang, pada anak Kelompok B yang berjumlah 31 anak. Instrument pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Penelitian dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan penelitian berupa penerapan metode bercakap-cakap, pemberian tugas, praktek langsung, dan bercerita menggunakan media cerita gambar seri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media cerita gambar seri dilaksanakan melalui 10 langkah. Penerapan media cerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak, peningkatan kemampuan anak ditandai dengan meningkatnya ketuntasan klasikal anak dari siklus I dan siklus II dimana pada siklus I kemampuan anak mencapai 70,9%  menjadi 96,67% pada siklus II. Pada siklus I ada 9 anak yang belum mencapai keruntasan klasikal pada siklus II hanya ada 1 anak yang belum mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini penerapan media cerita gambar seri dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lisan anak. Dengan menggunakan media yang menarik bagi anak dan ukuran yang dapat dilihat oleh semua anak. Serta dengan memperhatikan karakteristik dari masing-masing anak.