SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI JARAK DAN KECEPATAN KELAS V SEKOLAH DASAR

INA AGUSTIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustin, Ina. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Jarak dan Kecepatan di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Prodi PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah. Pembimbing: (I) Dra. Endang Setyo Winarni, M.Pd, (II) Drs. Sumanto, M.Pd

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, matematika, jarak dan kecepatan

 

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari ilmu pengetahuan yang lainnya, sehingga harus diajarkan sejak dini. Pembelajaran yang maksimal akan membutuhkan perangkat pembelajaran yang lengkap. Perangkat pembelajaran yang digunakan dapat menggunakan pendekatan kontekstual dan  menggunakan strategi inovatif yaitu REACT. Strategi REACT adalah strategi yang dalam aplikasinya menerapkan lima tahap yang merupakan akronim dari REACT, yaitu: relating (mengaitkan), experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama), dan transferring (memindahkan). Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah perangkat pembelajaran matematika kelas V semester 1 dan melakukan validasi untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran tersebut jika diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah survei kondisi lapangan, kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator dan diujicobakan terbatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan persentase skor item kuesioner.

Hasil dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbatas pada materi pokok Jarak dan Kecepatan di kelas V semester 1. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama merupakan Panduan Guru (Teacher's Guide) yang terdiri atas Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Instrumen penilaian, serta Buku Guru (Teacher's Book). Bagian kedua adalah Buku Siswa (Student's Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan kinerja

Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 85,4% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah.