SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DI KELAS V SDN SUMBERAGUNG 03 KABUPATEN BLITAR

Yuli Triana

Abstrak


ABSTRAK

 

Triana, Yuli. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di Kelas V SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H.M Zainuddin, M.Pd., (II) Suminah, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci:  Hasil Belajar, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Model STAD

 

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar, pada pelaksanaan pembelajaran Matematika di kelas V diperoleh hasil yang kurang memuaskan, yaitu dari 20 siswa hanya 8 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, sedangkan 12 siswa masih belum dapat mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena Guru tidak menggunakan media konkret dan tidak menggunakan RPP, guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas saja, serta keaktifan dan kerjasama siswa kurang. Berkaitan dengan hal ini, peneliti ingin memperbaiki pembelajaran khususnya mata pelajaran Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat melalui model STAD. Tujuannya adalah agar dapat mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberagung 03.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yang meliputi 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus.

Hasil penelitian dengan menerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian aktivitas dari siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 85%, hal ini menunjukkkan peningkatan aktivitas sebesar 17%. Ketuntasan belajar pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 60% menjadi 80% pada siklus II, hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 20%.

Kesimpulannya adalah bahwa melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung bilangan bulat. Karena melalui model STAD dapat menumbuhkan kerja sama dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu, guru hendaknya dalam pembelajaran menggunakan media benda konkret serta menggunakan model pembelajaran yang lebih bermakna dan tidak membosankan.