SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENJUMLAHKAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD KELAS IV SEMESTER 2 SDN SUKOANYAR TULUNGAGUNG

MIFTAHUL ROIFAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Roifah, Miftahul. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas IV Semester 2 SDN Sukoanyar Tulungagung. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.M. Zainuddin, M.Pd, (II) Dra. Widayati, M. H

 

Kata kunci: hasil belajar, pecahan, model pembelajaran kooperatif tipe STAD

 

Kenyataan di lapangan, siswa kelas IV SDN Sukoanyar Pakel memiliki pemahaman konsep dalam menjumlahkan pecahan yang rendah sehingga hasil belajar siswa kurang dari KKM. Maka, perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pokok bahasan menjumlahkan pecahan pada siswa kelas IV semester 2 di SDN Sukoanyar Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2010/2011?, 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika pokok bahasan menjumlahkan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester 2 di SDN Sukoanyar Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2010/2011?

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan metode alur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SDN Sukoanyar berjalan dengan lancar dan sesuai tahapan. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukoanyar Pakel Tulungagung yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan pra tindakan 32% dengan kategori sangat kurang, siklus I 58% dengan kategori cukup, dan siklus II 100% dengan kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menjumlahkan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukoanyar Pakel Tulungagung, oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan dan memahami model pembelajaran kooperatif tipe STAD di materi yang lain.