SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan permainan kartu bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 kelasA di TK Dharma wanita persatuan 2 Karanganyar Keraton Pasuruan

ENDRIATI .

Abstrak


ABSTRAK

 

Endriati, 2011. Penerapan Permainan Kartu Bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan II Karanganyar Kraton Pasuruan. Skripsi, Jurusan S1 Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Musa Sukardi, M.Pd. Pembimbing (2) Wuri Astuti, S.Pd.

 

Kata kunci : Permainan kartu bilangan, kemampuan kognitif, konsep bilangan

Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang menyediakan program pendidikan usia dini bagi anak 4 tahun sampai memasuki pendidikan dasar. Sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini lebih menyukai kegiatan pembelajaran dengan bermain. Dengan bermain anak anak-anak memiliki kesempatan untuk berekplorasi, memecahkan masalah, sehingga perkembangan kognitif anak-anak meningkat, akan tetapi kenyataannya di TK Dharma Wanita Persatuan II Karanganyar ditemukan bahwa perkembangan kognitif anak kurang berkembang secara optimal dikarenakan guru kurang kreatif dalam pembelajaran khususnya dalam memahami konsep bilangan 1-10. Oleh karena itu permaenan kartu bilangan sangat tepat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah, karena dengan permainan kartu bilangan anak akan mudah memperoleh pengalaman yang menyenangkan sehingga dapat secara mudah memahami tentang konsep bilangan.

Penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan penerapan bermain kartu bilagan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan. (2) Mendiskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain kartu bilangan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan II Karanganyar sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung terhadap anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan II Karanganyar terbukti hasil rata-rata observasi anak mulai dari pratindakan (49%) dengan prosentase (15%), meningkat siklus I (63) dengan prosentase (35%) dan meningkat siklus II (83) (85%) yang terus mengalami peningkatan.

Saran yang di sampaikan pada guru yaitu agar dapat menerapkan permainan kartu bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif maupun kemampuan yang lain. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain. Sebagai bahan perbandingan, sehingga di kemudian hari menjadi lebih baik.