SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan penguasaan Kosa Kata Anak Kelompok B Pada Anak TK Angkasa I Malang

Widayati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Widayati. 2011. Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan penguasaan Kosa Kata Anak Kelompok B Pada Anak TK Angkasa I  Malang. Skripsi, Prodi S1 PAUD Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah  FIP Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing I: Drs. Usep Kustiawan, M.Sn, Dosen Pembimbing II: Drs. Abdul Huda.

 

Kata Kunci: Kosa Kata, Media Kartu Gambar.

 

Latar belakang penelitian ini adalah kecenderungan yang tampak adalah anak-anak kelompok B Angkasa I Malang kurang menguasai sejumlah kosakata yang sebenarnya dengan mudah dapat mereka temui sehari- hari, terutama yang sesuai dengan usia anak. Ada ± 5 anak yang kosakatanya masih rendah dikarenakan anak cenderung terpengaruh oleh bahasa yang didengar oleh anak melalui acara televisi, sehingga kosa kata yang digunakan oleh anak tidak baku.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan media  kartu gambar dalam  meningkatkan penguasaan jumlah kosa kata anak Kelompok B TK Angkasa 1 Malang, 2) Mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata melalui media kartu gambar anak Kelompok B pada TK Angkasa 1 Malang.

Penelitian ini dilakukan di TK Angkasa I Malang dengan subjek penelitian sebanyak 14 anak. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data observasi dan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan bahasa  anak meningkat sesuai dengan indikator yang ingin dicapai seperti: membedakan dan menirukan kembali bunyi suara tertentu, menirukan kembali 4-5 urutan kata, menyebutkan / membedakan kata-kata yang mempunyai suku  awal yang sama seperti kali-kali atau suku kata akhir  yang sama misalnya nama, sama dan lain-lain,  mengelompokkan kata-kata yang sejenis, dan bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas pada anak mengalami peningkatan 1,6.

Penelitian ini dapat disimpulkan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan kartu gambar anak merasa sangat senang dan gembira. Dan ada beberapa saran-saran dari penulis untuk guru, sekolah TK, dan penelitian lanjutan. Saran untuk guru yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Saran untuk sekolah TK yaitu upaya peningkatan mutu pembelajaran yang PAKEMI (Pembelajaran Aktif, Kreatif , Efektif, menyenangkan dan Inovatif). Dan penelitian lanjutan yaitu mencoba teliti lagi dalam aktivitas pembelajaran dengan menggunakan media kartu gambar.