SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASIAKAN PUISI MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA SISWA KELAS VIB SEMESTER II SDN LOWOKWARU 3 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HAZMI WARDI

Abstrak


ABSTRAK

 

Hazmi, Wardi. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasikan Puisi Melalui Pendekatan Integratif Pada Siswa Kelas VI B Semester 2 SDN Lowokwaru 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Rumidjan, M.Pd, (2) Prof. Dr. Sa'dun Akbar, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pendekatan Integratif, Apresiasi Puisi, Sekolah Dasar

 

Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa, pembelajaran yang dilakukan di kelas VI B SDN Lowokwaru 3 Kota Malang masih berpusat pada guru. Hal ini dapat dilihat dari metode yang digunakan yaitu ceramah, pemberian tugas dan drill, disamping itu guru hanya menggunakan sedikit sumber belajar dan jarang menggunakan media. Hasil pra tindakan menunjukkan siswa hanya mencapai rata-rata 67,66 dan hanya ada 15 siswa (52%) dari 29 siswa yang mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70.

Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas VI B di SDN Lowokwaru 3 dengan menggunakan pendekatan integratif, Mendeskripsikan tingkat apresiasi puisi siswa kelas VI B di SDN Lowokwaru 3  dengan pembelajaran sastra melalui pendekatan integratif pada standar kompetensi "Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi".

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI B SDN Lowokwaru 3. Standar Kompetensi "Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi".

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan intagratif dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia, kompetensi dasar "Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat" SDN Lowokwaru 3.

Penerapan pendekatan integratif berturut-turut dari siklus I dan II memperoleh nilai rata-rata 92 dan 98. Aktivitas belajar siswa dalam belajar Bahasa Indonesia meningkat ketika diterapkan pendekatan integratif, pada sikus I dan II memperoleh nilai rata-rata 76,28 dan 92,22.

Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan pendekatan integratif. Siswa yang mendapat kriteria tuntas belajar berturut-turut pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 2 sebanyak sebanyak 17 siswa atau 59%, 24 siswa atau 83%, 25 siswa atau 86%, dan 29 siswa atau 100%.

Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI B SDN Lowokawaru 3, untuk itu disarankan agar guru menerapkan pendekatan integratif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Standar Kompetensi "Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi"