SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activities untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn bagi Siswa Kelas III SDN Sumbersari II Malang

Nimas Embun Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Nimas Embun. Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activities untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn bagi Siswa Kelas III SDN Sumbersari II Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, FIP Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Ruminiati, M. Si. (2) Dra. Purwendarti, M. Pd

 

Kata Kunci : DRTA, Hasil Belajar, PKn, SD.

 

Guru sebagai pelaksana dan pengembang pembelajaran harus mampu memilih dan menerapkan berbagai strategi dan metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi awal di SDN Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang telah diketahui bahwa dalam pembelajaran PKn menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media. Dalam proses pembelajaran ditemukan hambatan-hambatan, yaitu: Hasil belajar yang dicapai oleh siswa tidak mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukanyakni ≥70. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1)Mendeskripsikan penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam  pembelajaran PKn siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. (2) Mendeskripsikan penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam  meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri Sumbersari II Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sumbersari II Malang, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi dan soal tes untuk menilai hasil belajar siswa.

Dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada pra tindakan adalah 27,52 dengan criteria sangat rendah mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 63,28 dengan kriteria rendah dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu 80,28 dengan kriteria baik. Meskipun ada 5 siswa (20%) yang tidak mencapai criteria ketuntasan individu yaitu minimal 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1.) Penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam  pembelajaran PKn kelas III khususnya di SDN Sumbersari 2 Malang dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP, 2.) Penerapan strategi Direct Reading Thinking Activities dalam  pembelajaran  PKn kelas III SDN Sumbersari II Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti sebagian besar siswa (80%) telah mencapai ketuntasan individu yang telah ditetapkan yakni 70. Selanjutnya peneliti menyarankan untuk para guru agar dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis DRTA ini, dengan demikian akan ada bahan perbandingan sehingga hasil belajar di kemudian hari menjadi lebih baik. Kepada para pengambil kebijakan diharapkan dengan adanya inovasi baru dalam hal pembelajaran yang dilakukan oleh para guru, untuk diberikan dukungan dan motivasi secara memadai. Jika tujuan ini tercapai diharapkan peningkatan mutu pendidikan benar-benar akan dapat terwujud.