SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di kelas IV SDN. Madyopuro 1 Kota Malang.

Sisilia Labok

Abstrak


ABSTRAK

 

Labok, Sisilia. 2011. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di kelas IV SDN. Madyopuro 1 Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Toha A. R M.Pd.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran snowball throwing Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

 

Berdasarkan hasil pengamatan terhadap ativitas belajar siswa yang dilaksankan pada tanggal 23 februari 2011 dikelas IV SDN Madyopuro 1 Kota Malang ditemukan aktivitas siswa bahwa standar yang ditetapkan oleh sekolah rata-rata 35 dari 150/0 masalah ini perlu diperhatikan dan dipecahkan oleh guru, karena dari 43 siswa hanya 5 siswa yang memperoleh nilai diatas standar yang ditetapkan oleh sekolah.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rendahnya aktivitas belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Untuk mengatasi masalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Madyopuro 1 Kota Malang. Mengacu pada rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN. Madyopuro 1 Kota Malang pada mata pelajaran IPS. (2) mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa dalam dalam proses pembelajaran kelas IV SDN Madyopuro 1 Malang setelah model pembelajaran snowball throwing diterapkan pada materi mengenal masalah-masalah sosial dalam meningkatkan kesejatraan masyarakat Ilmu Pengetahuan Sosial.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) bagaimana penerapan snowball thriwing dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDN. Madyopuro 1 kota malang pada mata pelajaran IPS. (2) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan snowball throwing di kelas IV SDN. Madyopuro 1 Kota Malang. (3) Apakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan snowball throwing dapat meningkatkan keaktivan siswa. Berdasarkan pada tabel diatas tampak bahwa pembelajaran IPS dengan pembelajaran snowball throwing dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan (50,25) sebanyak 23 siswa (75,18%) tuntas. Sedangkan pada siklus I adalah (73,02) sebanyak 30 siswa (90,53%) tuntas, belum tuntas (20,47%) karena masih dibawah ketuntasan individu. Sedangkan 30 siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan individu. Karena hasil ketuntasan kelas masih dibawah kriteria ketuntasan yang ditentukan 70% maka diadakan perbaikan pada siklus II.

Dari hasil observasi hasil belajar siswa kelas IV SDN. Madyopuro 1 Kota Malang pada mata pelajaran IPS dengan model pembelajaran snowball throwing diperoleh hasil bahwa pada pra tindakan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 65,25. Terdapat 23 siswa (65,37%) yang mencapai ketuntasan individu sedangkan (35,67%) belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan yang telah ditetapkan sebesar 70% juga belum tercapai.