SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI

Yudhi Djabumir

Abstrak


ABSTRAK

 

Djabumir, Yudhi. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Pembelajaran Menulis Bebas (Independent Writing) Pada Kelas IV SDN Klojen Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Rumidjan, M.Pd., (2) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd.

 

Kata kunci: (independent writing) pada siswa kelas IV SDN Klojen Kota Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Klojen yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran menulis bebas dalam penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama siswa melaluinya dengan bentuk pengamatan terhadap lingkungan sekolah, wawancara dengan guru-guru SDN Klojen. Tahap ke 2 ini yang dilakukan siswa adalah berdiskusi dengan teman sendiri setelah melakukan i pengamatan, dan tahap ke 3 yaitu tahap menulis terlihat pada saat siswa mulai menulis karangan deskripsi berdasarkan hasil pengamatan. Hasil dari tahap-tahap dalam penelitian ini terlihat ada peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siswa. Peningkatan ketuntasan belajar (berdiskusi dalam kelompok) pada siklus I sebesar 64,7%, dan siklus II sebesar 91,1%. Ketuntasan belajar (kemampuan menulis deskrpsi) yang diperoleh pada saat pra tindakan sebesar 38,2%, siklus I sebesar 64,7%, dan siklus II sebesar 94,1%. Penerapan pembelajaran menulis bebas dalam pembelajaran menulis deskripsi ini merupakan salah satu alternatif dalam meningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa SD sehingga dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat simpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan pembelajaran menulis bebas ini terbukti dapat meningkatkan hasil penulisan deskripsi siswa. Dari penelitian ini, diharapkan bagi guru-guru agar mau membuka diri dan mau menggunakan model, metode, pendekatan dan jenis pembelajaran yang lain agar dapat meningkatkan kemampuan siswa. ii kemampuan menulis deskripsi, Pembelajaran Menulis Bebas (Independent Writing) , siswa kelas IV SD Siswa Sekolah Dasar (SD), khususnya kelas IV diharapkan dapat memiliki kemampuan menulis deskripsi. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SD Negeri Klojen ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah (61,7%). Ini dilihat dari tugas-tugas dan nilai ulangan harian yang berkaitan dengan materi pelajaran menulis karangan deskripsi yang ditulis yaitu adanya minat dan motivasi siswa yang masih rendah, kurangnya pembiasaan terhadap tradisi menulis menyebabkan siswa menjadi terbebani apabila mendapatkan tugas untuk menulis, sebagian siswa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menuangkan ide dan gagasannya, siswa belum mampu dalam menuangkan ide/gagasan dengan baik, siswa kurang bisa mengembangkan bahasa, hasil tulisan siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini, sering ditemukan terjadi karena guru tidak berpikir untuk menggunakan model pembelajaran, metode atau jenis pembelajaran bervariasi lainya yang dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan siswa dalam menulis, dan pembelajaran yang dilaksanakan lebih berpusat pada guru, guru lebih memfokuskan siswa dengan buku paket serta guru cenderung hanya menilai kemampuan siswa dalam isi tulisan, sedangkan teknik penulisan siswa tidak diperhatikan untuk diperbaiki. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pembelajaran menulis bebas