SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Learning Starts With A Question Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN Madyopuro 1 Kecamatan KedungKan- dang Kota Malang.

R0SWITA DERAUKIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Deraukin, Roswita. 2011. Penerapan Metode Learning Starts With A Question Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas  IV SDN Madyopuro Kecamatan  KedungKandang Kota Malang. skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar  dan Pra  Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna,Agustina.Trieka.S.Pd.M.Pd. (II) Dra.Sri.Har-mini,S.Pd,M.Pd.

 

Kata Kunci: Peningkatan Ketrampilan Membaca Nyring, Metode Learning Starts With A Question. 

 

Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap membaca nyaring di depan kelas dan berani di hadapan banyak orang, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi,dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun menimpa masyarakat. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Madyopuro adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kerja sama siswa dalam proses belajar. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Metode Learning Starts With A Question  adalah salah satu dari metode prosedural. Yaitu metode yang menyarankan agar penerapan prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan langkah-langkah yang harus di tempuh secara berurutan. Alasan dalam memakai Metode Learning Starts With A Question  ini adalah karena pada SDN Madyopuro dalam pembelajaran di kelas guru pada proses pembelajaran tidak biasanya menggunakan model ataupum atau strategi pembelajaran,hanya guru membiasakan siswa untuk selalu belajar dengan cara mengerjakan tugas-tugas yang terdapat pada buku LKS masing-masing tanpa ada penjelasan apapun dari guru.Oleh karena itu dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Learning Starts With A Question  agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada siswa kelas IV SDN Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model MC Kernan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes selama proses pembelajaran.Data yang telah diperoleh akan dianalisis dengan  menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP).

Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; hasil pratindakan rata-rata hasil belajar siswa 64,33%, Setelah titerapkan  pembelajaran metode Learning Starts With A Question pada siklus I dan siklus II maka, pada hasil pos tes siklus I hanya 10 (45,45 %) siswa yang mampu memperoleh nilai di atas standar keberhasilan yang ditetapkan (70 %) dan 25 (55,55%) siswa lainya belum mencukupi standar yang ditetapkan dengan rata-rata kelas adalah 75 %. Sedangkan pada siklus dua rata-rata kelas meningkat menjadi 20 (90 %) siswa, dan tingkat keberhasilan siswa berkurang menjadi 2 (9,91 %) siswa. Oleh karena itu secara klasikal rata-rata nilai siswa dalam kelompok maupun individu siswa belum berhasil, karena masi ada 2 siswa  belum berhasil dalam proses pembelajaran, sedangkan yang berhasil hanya 22 siswa.

Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dan menambah wawasan pengetahuan bagi peneliti lain, sebagai upaya dalam peningkatan ketrampilan membaca nyaring siswa melalui  metode learning starts with a question baik dalam pembelajaran bahasa Indonesia  maupun pada pembelajaran yang lain.