SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pengamatan Pertumbuhan Tanaman Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan.

Wahyu Trimulyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Trimulyati, Wahyu. 2011. Penerapan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pengamatan Pertumbuhan Tanaman Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan. Skripsi, Jurusan SI, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Irianto, M.Pd, Pembimbing (2) Pramono, S.Pd, M.Or

 

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Pertumbuhan   Tanaman, Kemampuan Kognitif, TK. 

 

Kegiatan pembelajaran di Taman Kanak - Kanak khususnya TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan masih berpusat pada guru. Dimana guru lebih banyak ceramah sehingga kegiatan pembelajaran kurang bermakna dan pengetahuan yang didapat anak tidak dapat bertahan lama dari ingatannya. Kemampuan kognitif anak masih rendah, untuk itu peneliti melakukan pengembangan melalui metode eksperimen melalui kegiatan pengamatan pertumbuhan tanaman.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode eksperimen melalui kegiatan pengamatan pertumbuhan tanaman dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan setelah dibelajarkan dengan metode eksperimen melalui kegiatan pengamatan pertumbuhan tanaman.

Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perancangan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pada pelaksanaan Siklus I belum berhasil, diulangi pada Siklus II hingga berhasil. Subyek penelitian ini yaitu anak kelompok B TK PKK 7 Plinggisan Kraton Pasuruan yang berjumlah 20 anak. Instrumen yang digunakan berupa observasi dengan teknik deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pengamatan pertumbuhan tanaman pada Siklus I ketuntasan individu mencapai 67% yang berarti meningkat sebesar 12% dari sebelum penerapan metode eksperimen melalui kegiatan pengamatan pertumbuhan tanaman. Selanjutnya pada Siklus II ketuntasan individu meningkat menjadi 84% dan dinyatakan berhasil tuntas.

Dengan demikian disarankan pada guru hendaknya melaksanakan kegiatan pembelajaran melibatkan anak secara langsung dan pembelajaran bukan berpusat pada guru tapi berpusat pada anak. Karena hal ini akan memberi makna yang mendalam bagi anak dan bisa meningkatkan kemampuan yang diharapkan.