SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Siswa Kelas IV SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Korlenci Djontar

Abstrak


ABSTRAK

 

Djontar, Korlenci. 2011. Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Siswa Kelas IV SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Muchtar, S.Pd.,M.Si., (2) Dra., Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd., M.Pd.,

 

Kata kunci: kesalahan ejaan, karangan, siswa kelas IV SD

 

Kesalahan berbahasa merupakan bentuk-bentuk penyimpangan bahasa yang dilakukan oleh pembelajar, sehingga menghambat kelancaran untuk  komunikasi secara lisan maupun tulisan. Salah satu bentuk kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan ejaan, diantaranya penggunaan tanda baca titik, dan koma, dan pemakaian kata, dan pemakaian huruf kapital dengan benar.

Dalam penggunaan bahasa tulis siswa kelas IV SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, masih dijumpai adanya penyimpangan-penyimpangan dalam hal kaidah bahasa, siswa masih kurang mampu menggunakan secara tepat dan benar ejaan dalam penulisan karangan. Akibatnya, sering terjadi kesalahan dalam komonikasi, akibat penulisan ejaan yang kurang tepat tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kesalahan berbahasa yaitu : (1) Adakah kesalahan ejaan dalam penulisan  karangan siswa kelas IV SDN Madyopuro1 Malang,  (2) Kesalahan apa sajakah yang terdapat pada karangan siswa kelas IV SDN Madyopuro 1 Malang

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Madyopuro I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling yaitu pengambilan sampel atas adanya tujuan sumber tertentu. yaitu karangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif. Data penelitian yang sudah terkumpul, selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data menggunakan kualitatitif . Teknik kualitatif digunakan untuk mencari gambaran wujud kesalahan ejaan dalam karangan.

Dari hasil analisis data, diperoleh data sebagai berikut. (1) ditemukan adanya kesalahan penulisan ejaan pada karangan siswa, yaitu kesalahan penggunaan tanda baca titik dan koma, pemakaian kata, dan pemakaian huruf kapital. (2) kesalahan yang lakukan siswa diantaranya penggunaan tanda baca titik dengan persentase 9,31 % dan tanda baca  koma denganpersentase 10,34%  termasuk kualifikasi sedikit.serta pemakaian kata dengan pesentase 22,41 % termasuk kualifikasi sedeikit.sedangkan pemakaian huruf kapital dengan persentase 44,82 % termasuk kualifikasi sedang. Sehingga jumlah kesalahan dari semua aspek maka termasuk kualifikasi terbanyak.

Dari deskripsi hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa, ternyata siswa kelas IV SDN Madyopuro I melakukan kesalahan berbahasa, dalam hal ini yaitu penggunaan ejaan, diantaranya penempatan tanda baca titik dan tanda baca koma, pemakaian kata, serta penggunaan huruf kapital.

Dengan demikian, maka disarankan bagi para guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia agar kegiatan menulis jangan diabaikan tapi dijadikan sebagai suatu proses yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan ide, gagasan, kemudian mengembangkannya menjadi sebuah karangan dengan memperhaikan penggunaan ejaan yang baik dan benar. Isi tulisan dan teknik penulisan siswa perlu menjadi sebuah perhatian yang khusus. Tujuannya adalah agar kedepannya hasil penulisan karangan siswa dapat dipahami baik isi tulisan maupun teknik penulisannya.