SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Bermain Balok-balok Untuk Meningkatkan Kepuasan Kognitif Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan I Grati Pasuruan,

Titik Caturing

Abstrak


ABSTRAK

 

Caturing, Titik. 2011. Penerapan Bermain Balok-balok Untuk Meningkatkan Kepuasan Kognitif Anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan I Grati Pasuruan, Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto, M.Pd, (2) Pramono, S.Pd,M.Or

 

Kata Kunci : Bermain balok-balok, Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

 

Penerapan bermain balok-balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak dengan potongan-potongan kayu yang berwarna dan polos, sama panjang dengan dua kali atau empat kali sama besarnya dengan satu unit balok. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, perlu pembelajaran kognitif pada pengenalan warna dan bentuk, dengan ukuran sesuai yang diharapkan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah 1) mendeskripsikan penerapan bermain balok-balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan I Grati Pasuruan, 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A d di TK Dharma Wanita Persatuan I Grati Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Masing-masing Siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok di TK Dharma Wanita Persatuan I Grati Pasuruan sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung terhadap kegiatan anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan penerapan bermain balok-balok dapat meningkatkan kemampuan kogntiif anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan I Grati Pasuruan, terbuksi dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari rata-rata hasil dan pra tindakan (52,1) meningkatkan pada siklus I (62,1) dan meningkatkan pada siklus II (84,5) yang terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru agar dapat menerapkan bermain balok-balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan mengembangkan yang lain. Kegiatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan, sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.