SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Bermain Klasifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan V Wrati II Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan.

lilik srianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Srianti,  Lilik.  2011.  Penerapan  Bermain  Klasifikasi  untuk  Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan V  Wrati    II      Kecamatan  Kejayan  Kabupaten  Pasuruan.  Skripsi,  Jurusan Kependidikan  Sekolah  Dasar  dan  Pra  Sekolah  FIP  Universitas  Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Moh. Sochib, M. Pd,  (II) Muchtar, S. Pd, M.Si.

 

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Bermain Klasifikasi

Penelitian  ini  berlatar  belakang,  pada  usia TK  anak mengalami  kesulitan  dalam melakukan klasifikasi benda 2 dimensi, namun baru mampu mengklasifikasikan benda  1  dimensi.  Hal  ini  terjadi  karena  cara  berfikir  anak  masih  berfikir centration,  yaitu  cara  berfikir  dengan memusatkan  perhatian  atau memfokuskan hanya pada  satu dimensi atau karakteristik. Seharusnya makin besar, anak mulai mampu mengelompokkan  benda  2  dimensi misalnya  bentuk  lingkaran  berwarna merah.

Dalam penelitian  ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan bermain klasifikasi untuk 1) Meningkatkan kemampuan kognitif anak TK Dharma Wanita Persatuan V Wrati    II  Kecamatan Kejayan Kabupaten  Pasuruan,  dan  2) Untuk mendeskripsikan  penerapan  bermain  klasifikasi  agar  dapat  meningkatkan kemampuan kognitif anak TK Dharma Wanita Persatuan V Wrati    II Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Lokasi penelitian di TK Dharma Wanita Persatuan V Wrati  II Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini dikatakan telah berhasil karena  penerapan  pembelajarannya  telah  sesuai  dengan  urutan  langkah-langkah bermain klasifikasi yaitu : 1) Guru menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan; 2) Guru  menunjukkan  alat  peraga;  3)  Anak  mengamati  benda  yang  ada  dalam keranjang;  4)  Guru  dan  anak  melakukan  tanya  jawab;  5)  Anak  mengeluarkan benda dari dalam keranjang; 6) Anak menunjukkan benda seperti yang ditugaskan guru, dan 7) anak mengelompokkan benda berdasarkan bentuknya, warnanya dan bentuk  berwarna.  Hasil  belajar  penerapan  bermain  klasifikasi  dikatakan  sangat berhasil  dan  dapat  meningkatkan  kemampuan  kognitif  anak  karena  terjadi peningkatan  skor hasil belajar dari  refleksi  awal  48,3% meningkat pada  siklus  I dengan rata-rata secara keseluruhan 77,22 %

Untuk  itu  disarankan  dalam  pembelajaran  bermain  klasifikasi  hendaklah menyediakan kepingan geometri berwarna  yang  sesuai dengan warna yang  telah diajarkan guru.