SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penggunaan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di tk darun najah kedemungan kejayan pasuruan

nanik kartini

Abstrak


ABSTRAK

 

Kartini, Nanik, 2011. Penggunaan Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Di TK Darun Najah Kedemungan, Kejayan Pasuruan. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Prodo S1 PAUD FIP, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M.Pd, (2) Drs. H. Sutrisno, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Gambar Seri, Kemampuan Berbicara, Taman Kanak-Kanak

Pembelajaran di bidang  bahasa dalam kemampuan berbicara anak sangat penting untuk mengungkapkan keinginan, ide-ide dan perasaan anak melalui bercerita gambar seri, namun keberhasilan pembelajaran di bidang bahasa dalam berbicara lancar dengan kalimat sederhana anak TK Darun Najah Kedemungan Kejayan Pasuruan masih rendah. Berdasarkan pengamatan dari 20 anak peserta didik yang ada di TK ditemukan bahwa 15 anak belum mampu berbicara lancer dengan kalimat sederhana.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan penggunaan gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Darun Najah Kedemungan Kejayan Pasuruan, (2) mendeskripsikan efektifitas penggunaan gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Darun Najah Kedemungan Kejayan Pasuruan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dengan proses siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah anak didik kelompok A dengan jumlah 20 anak dan satu kolaborator (teman sejawat).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I kemampuan berbicara anak mencapai rata-rata 60,15 meningkat menjadi 80,15 pada siklus II. Peningkatan kemampuan berbicara anak dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan bahasa anak dalam berbicara lancar dengan kalimat sederhana melalui cerita gambar seri.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pendidik PAUD untuk menggunakan gambar seri dalam pembelajaran di TK untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.