SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA MELALUI MEMBACA INTENSIF PADA SISWA DI SD NEGERI BANDULAN 5 KOTA MALANG

YULI SETYANINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyaningsih, Yuli. 2011. Peningkatan Kemampuan Menemukan Kalimat Utama melalui Membaca Intensif pada Siswa di SD Negeri Bandulan 5 Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Rumidjan, M.Pd, (II) Dra. Harti Kartini, M.Pd.

 

Kata kunci: kalimat utama, membaca intensif, bahasa Indonesia SD

Mata pelajaran Bahasa Indonesia termasuk salah satu pelajaran yang penting untuk dipelajari sejak dini. Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi. Pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis. Pembelajaran membaca di SD merupakan satu komponen yang turut membentuk tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD terutama dalam usaha menjadikan siswa SD yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Membaca merupakan kemampuan utama yang harus dikuasai siswa agar dapat menemukan kalimat utama dalam suatu paragraf. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan: penerapan dan keberhasilan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama pada tiap paragraf bagi siswa kelas IV di SD Bandulan 5 Malang yang berjumlah 29 siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I ada 2 kali pertemuan dan siklus II ada 1 kali pertemuan. Data aktivitas siswa dikumpulkan dengan teknik observasi, sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes pada pertemuan kedua pada siklus I dan pertemuan 1 pada siklus II. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan lembar observasi siswa dan tes.

Peningkatan aktivitas siswa dinilai dari aspek memahami isi wacana, menceritakan kembali isi wacana, menemukan kalimat utama paragraf, dan menjawab pertanyaan dengan benar. Skor rata-rata aktivitas yang diperoleh siswa juga meningkat. Sedangkan hasil balajar siswa juga mengalami peningkatan dari pretes ke siklus I, dari siklus I ke siklus II. Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan membaca intensif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa membaca intensif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebaiknya guru menggunakan pembelajaran yang lebih inovatif dan mengajak siswa lebih aktif seperti penerapan membaca intensif. Selain itu, guru diharapkan lebih memahami kegiatan pokok dan komponen-komponen yang terdapat pada pembelajaran tersebut sehingga dapat diterapkan secara maksimal.