SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA PADA MATA PELAJARAN PKn SDN MADYOPURO 4 KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

Febri Belandina Lay

Abstrak


ABSTRAK

 

Lay, Febri Belandina. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA pada Mata Pelajaran PKn di SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Ahmad Samawi, M.Hum, (2) Drs. Imron Rosyadi H. Sy, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar, PKn, Sekolah Dasar.

 

Permasalahan yang dialami oleh para siswa kelas VA SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang adalah kesulitan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Madyopuro 4 kota Malang, untuk itu perlu diadakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan juga pembelajaran yang menyentuh kehidupan riil siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model Scramble dalam meningkatkan berbagai kemampuan siswa dan untuk mendeskripsikan peningkatan berbagai kemampuan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bersiklus model Kemmis dan McTaggart, meliputi : perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Subjek dan lokasi penelitian adalah siswa kelas VA SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, berjumlah 33 orang dengan komposisi siswa laki-laki 18 dan 15 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah dengan memberikan post-test pada setiap akhir siklus, dan observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung, serta wawancara setelah kegiatan belajar mengajar di kelas. Analisis data kuantitatif untuk mendiskripsikan karakteristik hasil tes belajar siswa, dan analisis kualitatif untuk hasil aktivitas siswa melalui lembar observasi. Penerapan Model Pembelajaran Scramble yaitu a) Guru menyampaikan materi pelajaran. Kegiatan ini guru menanamkan konsep materi. b) Guru menyiapkan kartu soal yang telah dibuat untuk proses pembelajaran. c) Guru menyiapkan kartu jawaban dengan diacak nomornya sehingga anak dapat mencari jawaban yang tepat. d) Guru membentuk kelompok untuk mengerjakan soal-soal yang tersedia. e) Guru membagikan kartu soal dan kartu jawaban kepada masing-masing kelompok. f) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal dan mencari jawaban yang sesuai. g) Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 69,54%, sebanyak 11 siswa (33,33%) belum tuntas karena masih berada dibawah kriteria penilaian, sebanyak 22 siswa (66,66%) tuntas karena sudah mencapai kriteria ketuntasan oleh karena itu perlu diadakan perbaikan pada siklus II.

Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VA SDN Madyopuro 4 adalah 74,54%, sebanyak 9 siswa (27,27%) yang belum tuntas atau belum mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan sebanyak 24 siswa (72,72%) yang sudah tuntas karena telah mencapai kriteria ketuntasan. Dengan melihat pada nilai rata-rata siswa pada tiap siklus maka pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble ini dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VA SDN Madyopuro 4 Kota Malang.