SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN MLATEN I NGULING PASURUAN

Kurniawan Ujianegara

Abstrak


ABSTRAK

 

Ujianegara, Kurniawan. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperative Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN Mlaten I Nguling Pasuruan. Ujian Akhir Program. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Program Studi PJJ S1-PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Goenawan Roebyanto, M.Pd.

 

Kata kunci: kemampuan berbicara, pembelajaran kooperatif tipe NHT, SD

 

Dalam rangka mengembangkan perbaikan paradigma siswa belajar saat ini dikembangkan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning). Model kooperatif dirancang agar setiap individu dapat bekerja sama dan saling bergantung satu sama lain dalam suatu struktur dan tujuan. Pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat membentuk keterampilan siswa, dimana siswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam mengekspresikan kepada lingkungan sekitar.

Berdasarkan hasil survey terhadap siswa kelas V SDN Mlaten I Nguling Pasuruan kemampuan berbicara anak masih tergolong rendah, hal itu dapat dilihat dari segi pelafalan, intonasi, pilihan kata, struktur kalimat, penguasaan naskah atau materi, dan kesungguhan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengangkat judul "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN Mlaten I Nguling Pasuruan.

Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk tindakan kelas dan direncanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Mlaten I Nguling Pasuruan. Instrumen penelitian (1) panduan observasi,     (2) panduan wawancara, (3) lembar kerja siswa (LKS), (4) lembar tes/soal,         (5) refleksi. Analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian, adanya peningkatan hasil kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Mlaten I Nguling Pasuruan. Hal itu dapat dilihat dari presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 56%, siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa dan 12 siswa belum tuntas, meningkat pada siklus II menjadi 77%, 30 siswa tuntas dan   9 siswa belum tuntas.

Kesimpulan implementasi pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN Mlaten I Nguling Pasuruan.

Saran bagi guru penelitian pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam teknik pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kemampuan berbicara. Bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis dengan permasalahan yang lain.