SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Permainan Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Dua Angka Siswa Kelas I SDN Turipinggir II Megaluh Jombang

Endi Pertama Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Endi Pertama. 2011. Penggunaan Permainan Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Dua Angka pada Siswa Kelas I SDN Turipinggir II Megaluh Jombang. Skripsi, Prodi PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. Sumanto, M.Pd.

 

Kata kunci : permainan kartu bilangan, aktivitas, hasil belajar, penjumlahan bilangan dua angka, SD.

Hasil tes pra tindakan pada materi penjumlahan bilangan dua angka yang diujikan kepada siswa kelas I SDN Turipinggir II menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan penjumlahan bilangan dua angka masih rendah. Hanya ada 5 siswa (20,00%) yang memperoleh nilai antara 85 dan 100. Terdapat 7 siswa (28,00%) yang memperoleh nilai antara 70 dan 84. Terdapat 4 siswa (16,00%) yang memperoleh nilai antara 55 dan 69. Terdapat 5 siswa (20,00%) yang memperoleh nilai antara 40 dan 54. Serta, 4 siswa (16,00%) masih memperoleh nilai di bawah 40. Siswa belum menguasai betul beberapa konsep prasyarat seperti fakta dasar penjumlahan dan nilai tempat. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan pembelajaran terkesan monoton dan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika tersebut dengan menggunakan permainan kartu bilangan.

Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan permainan kartu bilangan pada materi penjumlahan bilangan dua angka, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan permainan kartu bilangan, dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan permainan kartu bilangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pen-dekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Turipinggir II Megaluh Jombang. Prosedur penelitiannya: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes, (2) lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan (3) lembar observasi aktivitas siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran menggunakan permainan kartu bilangan pada materi penjumlahan bilangan dua angka dilaksanakan dengan sangat baik, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran juga sudah sangat baik dan mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa dari siklus I dengan presentase 67,67% ke siklus II dengan presentase 85,67%, dan (3) hasil belajar siswa sudah baik dan mengalami pening-katan dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan nilai 63,60 meningkat menjadi 71,60 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,80.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk menggunakan permainan kartu bilangan sebagai salah satu pembelajaran alternatif khusunya pada materi penjumlahan bilangan dua angka. Namun, perlu dipertimbangkan juga mengenai manajemen waktu dan pengelolaan kelas yang baik.